Sukses

Gejala Kanker Prostat yang Perlu Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu aktor dari serial ternama Friends, James Michael Tayler, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu, 24 Oktober 2021, pagi akibat kanker prostat.

Kanker prostat merupakan kanker pada pria yang berkembang di dalam kelenjar prostat. Dan, umumnya tidak menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal.

Dikutip dari Cancer Research UK, sebagian besar kasus kanker prostat cenderung dimulai di bagian luar kelenjar prostat. Pada kondisi ini, sel kanker tidak cukup besar dan dekat untuk menekan uretra atau saluran kencing yang berada di sekitarnya.

Namun, ketika kanker makin membesar atau kelenjar prostat mengalami peradangan, penderita akan merasakan gejala berupa gangguan buang air kecil.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut perubahan kebiasaan buang air kecil yang mungkin menjadi gejala dari kanker prostat

2 dari 5 halaman

1. Sering Buang Air Kecil

Tertekannya uretra akibat pertumbuhan sel kanker memungkinkan Anda untuk sering buang air kecil daripada biasanya.

Anda mungkin akan bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil selama periode 24 jam, termasuk saat Anda tertidur pada malam hari atau yang disebut dengan nokturia.

Namun, jangan panik, meski ini merupakan salah satu tanda-tanda kanker prostat, nokturia juga bisa disebabkan oleh kondisi medis lain.

3 dari 5 halaman

2. Sulit Buang Air Kecil

Selain sering bolak-balik ke kamar mandi, Anda mungkin juga akan merasa kesulitan untuk buang air kecil.

Kondisi ini biasanya ditandai dengan sulit untuk memulai atau menghentikan aliran urin, tidak mampu untuk buang air kecil, aliran urin yang lemah atau berkurang, aliran urin yang putus-putus atau terganggu, serta membutuhkan waktu yang lama saat buang air kecil.

3. Terasa Nyeri saat Buang Air Kecil

Kesulitan buang air kecil ini biasanya dibarengi dengan rasa nyeri seperti terbakar, atau sangat menyakitkan ketika Anda sedang buang air kecil atau mengeluarkan urin Anda.

4 dari 5 halaman

4. Timbul Masalah Ereksi

Masalah pada ereksi juga menjadi gejala dan ciri-ciri kanker prostat lainnya yang umum terjadi pada pria. Ditandai dengan kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi atau kurangnya hasrat untuk melakukan hubungan seksual

Selain ereksi, Anda pun mungkin merasakan sakit saat ejakulasi atau adanya penurunan jumlah cairan ejakulasi.

5. Darah dalam Urine

Adanya darah yang terkandung di urin juga merupakan tanda-tanda kanker prostat lainnya. Gejala ini umumnya muncul bila sel kanker sudah berkembang atau pada stadium kanker prostat lanjut atau akhir

Kondisi ini biasanya ditandai dengan urin atau air mani yang berwarna kecoklatan atau kemerahan.

Meski demikian, adanya darah di urin atau air mani bisa berarti karena kondisi lainnya. Konsultasikan dengan dokter bila ini terjadi pada Anda, untuk memastikan apakah hal tersebut terkait dengan kanker atau kondisi medis lain.

5 dari 5 halaman

6. Gejala Umum Lainnya

Selain yang telah disebutkan di atas, sel kanker prostat ternyata juga dapat menyebar ke tulang dan kelenjar getah bening terdekat. Menyebabkan beberapa gejala seperti:

  • Nyeri tulang (tergantung pada dimana penyebaran sel kanker).
  • Kelelahan yang parah.
  • Penurunan berat badan tanpa alasan yang jelas.
  • Kehilangan selera makan.
  • Kelemahan atau mati rasa di tungkai atau telapak kaki.
  • Kehilangan kendali buang air kecil atau besar.
  • Pembengkakan tubuh di bagian bawah.

 

Reporter: Lianna Leticia