Sukses

Molnupiravir Berpotensi Jadi Obat COVID-19, Menkes: Kami Mulai Dekati Pabrikannya

Kementerian Kesehatan bersama BPOM dan rumah sakit vertikal melakukan review dan uji klinis dari obat-obatan baru COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin angkat bicara mengenai potensi obat untuk COVID-19. Budi mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan bersama BPOM dan rumah sakit vertikal melakukan review dan uji klinis dari obat-obatan baru COVID-19.

Review dilakukan bukan hanya untuk obat yang sifatnya antibodi monoklonal (protein buatan yang meniru kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan patogen berbahaya) tapi juga obat antivirus seperti molnupiravir yang dikembangkan Merck & Co., alias Merck Sharp and Dohme (MSD).

"Terus kita approach (lakukan pendekatan) pabrikannya," kata Budi dalam konferensi pers PPKM pada Senin, 4 Oktober 2021.

Indonesia sendiri sudah merencanakan uji klinis obat untuk COVID-19. Budi berharap akhir tahun sudah diketahui obat mana yang cocok untuk masyarakat Indonesia dalam menghadapi virus SARS-CoV-2.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soal Obat Molnupiravir

Jelang akhir pekan kemarin, perusahaan farmasi raksasa, Merck & Co., mengumumkan bahwa obat COVID-19 eksperimental mereka yakni molnupiravir, menunjukkan hasil yang baik dalam melawan virus Corona.

Perusahaan tersebut mengumumkan bahwa dalam uji klinis internasional obat COVID-19 molnupiravir menurunkan risiko perawatan di rumah sakit dan kematian pada hampir setengah dari mereka yang terinfeksi COVID-19 bergejala ringan dan sedang.

Studi ini dilakukan pada pasien COVID-19 di beberapa negara yang belum divaksin dengan paling tidak satu faktor risiko seperti di atas 60 tahun, diabetes, dan obesitas.

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Atasi Fobia Jarum Suntik Sebelum Vaksinasi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.