Sukses

Ancaman Kesehatan Mata Bagi Anak yang Terlalu Lama Terpapar Gawai

Inilah dampak terlalu lama menatap layar gawai bagi kesehatan mata anak

Liputan6.com, Jakarta - Dokter mata konsultan RS Mata Cicendo Bandung, Feti Karfiati Memed menjelaskan terkait penggunaan gawai pada anak dan remaja serta dampaknya bagi kesehatan mata.

Menurutnya, di masa pandemi COVID-19 anak menjadi lebih akrab dengan pengguanaan gawai seperti ponsel pintar dan komputer untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Bahkan, sebelum pandemi pun anak-anak di masa kini sudah banyak yang mengenal gawai. Yang tanpa disadari anak jadi berisiko mengalami Computer Vision Syndrome.

“Studi menunjukkan, 36 hingga 92,2 persen anak usia 1 sudah terpapar dan berinteraksi dengan perangkat seluler. Kemudian, penelitian di Inggris menunjukkan 51 persen bayi umur enam hingga 11 bulan rutin menggunakan gawai layar sentuh,” kata Feti dalam seminar daring F.N.M Society pada Minggu (3/10/2021).

Studi lainnya menunjukkan bahwa 95 persen remaja memiliki akses ponsel pintar dan 24-45 persennya selalu daring. Studi Lenhart pada 2015 itu juga menunjukkan 50 persen remaja tergantung pada ponsel pintar.

“Sebagian besar remaja memiliki ponsel pintar dan 76 persen menggunakan minimal 1 media sosial," katanya

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Computer Vision Syndrome

Feti menambahkan, penggunaan gawai yang berlebihan pada anak dapat memicu terjadinya computer vision syndrome.

Kondisi ini ditandai dengan sindroma mata kering yakni:

- Mata buram.

- Mata merah.

- Pandangan silau.

- Mata terasa tidak nyaman/ seperti ada pasir.

- Mata sering dikucek.

- Mata sering berkedip.

3 dari 4 halaman

Efek Jangka Panjang

Selain computer vision syndrome, penggunaan gawai yang berlebihan juga dapat memicu efek jangka panjang terhadap kesehatan mata.

Efek jangka panjang itu berupa mata minus dan degenerasi makula. Dengan mata minus, anak jadi harus berkacamata atau mengalami penambahan minus yang cepat bagi yang sudah berkacamata.

Sedang, degenerasi makula terjadi ketika bagian retina yang paling peka terhadap cahaya menjadi mudah rusak diduga akibat paparan sinar biru berlebihan.

“Mata anak masih tumbuh dan berkembang sampai usia 18. Kesehatan mata anak perlu dijaga karena kelainan pada masa perkembangan mata akan berpengaruh seumur hidup,” kata Feti.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan mata, Feti menyarankan penerapan 20-20-20. Yakni, setiap 20 menit menatap layar monitor anak perlu istirahat selama 20 detik. Istirahat mata dapat dilakukan dengan cara menatap benda yang jaraknya 20 kaki (6 meter).   

4 dari 4 halaman

Infografis Plus Minus Belajar dari Rumah Secara Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.