Sukses

Metode Diet dengan Seledri, Simak Manfaatnya

Seledri memiliki manfaat untuk seseorang yang sedang diet.

Liputan6.com, Jakarta - Seledri dipercaya ampuh digunakan dalam metode diet. Memiliki 10 kalori per batang, maka dari itu seledri telah lama digunakan untuk metode diet yang rendah kalori.

Biasanya, daun seledri digunakan dalam campuran bahan masakan untuk menggugah selera makan. Ternyata, daun seledri memiliki banyak manfaat lain yang terkait dengan kesehatan tubuh.

Kandungan alami yang terdapat di dalam seledri ini yang memiliki fungsi sebagai metode diet yang ampuh. Tanaman ini diketahui mengandung banyak gizi, vitamin dan antioksidan.

Dilansir Healthline, Selasa (28/9/21), terdapat 5 manfaat seledri untuk diet.

1. Sebagai Sumber Antioksidan Penting

Antioksidan melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari kerusakan oksidatif. Kandungan yang terdapat di dalamnya bermanfaat untuk diet.

Seledri mengandung vitamin C, beta karoten, dan flavonoid, ada 12 jenis nutrisi antioksidan tambahan yang ditemukan dalam satu tangkai. Hal ini merupakan sumber fitonutrien, yang telah terbukti mengurangi peradangan pada saluran pencernaan, sel, pembuluh darah, dan organ.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Seledri

2. Seledri Mengurangi Peradangan

Manfaat seledri untuk diet lainnya untuk cegah peradangan pada tubuh. Biji seledri dan seledri memiliki kurang lebih 25 senyawa anti inflamasi yang dapat memberikan perlindungan terhadap peradangan pada tubuh. Peradangan itu termasuk artritis dan osteoporosis.

3. Kesehatan Pencernaan

Terdapat kandungan air yang tinggi dari seledri hampir 95 persen ditambah serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang banyak. Hal itu mendukung saluran pencernaan yang sehat dan teratur.

4. Kaya Akan Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin A,K, dan C, ditambah mineral seperti kalium dan folat akan didapatkan saat menikmati seledri. Seledri juga rendah natrium. Selain itu, indeks glikemiknya rendah, yang berarti memiliki efek lambat dan stabil pada gula darah.

5. Miliki Efek Alkali

Kandungan yang dimiliki oleh seledri dapat memiliki efek menetralkan makanan asam.

 

Penulis : Alicia Salsabila

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Tetap Sehat di Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.