Sukses

Memainkan Rambut Terlalu Sering, Ketahui Penyebabnya

Pernahkah Anda merasa terlalu sering memainkan rambut? Saat bekerja, mengobrol dengan teman kerja, atau saat makan. Banyak yang mengasosiasikan ini sebagai bentuk menggoda.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa terlalu sering memainkan rambut? Bahkan, seringkali dianggap sedang menggoda. Ternyata memainkan rambut bisa berarti banyak hal, gelisah salah satunya.

"Memainkan rambut bisa memiliki banyak arti. Secara garis besar, itu salah satu respons yang muncul ketika Anda gugup atau gelisah," ucap psikolog klinis Matthew Childs, Psy. D. dikutip Elite Daily, Senin (16/8/2021).

Memainkan rambut diartikan sebagai kecemasan terhadap penampilan atau terhadap situasi yang sedang dihadapi saat itu.

"Memutar-mutar rambut merupakan respons bawah sadar tubuh Anda terhadap emosi apa pun yang mungkin muncul," jelas Childs.

Cerminkan perasaan

Childs menjelaskan, memainkan rambut bukanlah gejala dari sesuatu yang besar atau menakutkan. Hal tersebut hanya mencerminkan perasaan lebih dalam atas penampilan.

"Itu juga bisa mengartikan bagaimana cara Anda berhubungan dengan rambut Anda, apakah Anda menganggapnya sebagai atribut fisik yang positif atau negatif," ucap Childs.

Cara untuk tenangkan diri

Kegelisahan merupakan gejala umum dari kegelisahan, serta hasil dari perasaan tidak nyaman, menegangkan, atau menakutkan.

"Bagi sebagian orang, memutar-mutar rambut menjadi cara untuk menenangkan diri dalam situasi seperti tersebut. Itu dapat membantu," jelas Wien.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menarik Perhatian atau Menggoda

Tak hanya pertanda gelisah, bagi beberapa orang memainkan rambut merupakan suatu hal yang menyenangkan. Anda bahkan bisa memainkan rambut dengan sering ketika mencoba untuk menarik perhatian seseorang.

"Anda mungkin ingin menarik perhatian orang itu dan mengomunikasikan bahwa Anda sedang terlihat baik atau merasa baik. Anda juga ingin mendapatkan respons positif dari orang yang Anda ajak bicara," jelas Childs.

Hal ini juga bisa sebagai pertanda bahwa rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang Anda sukai.

Berpotensi jadi hal serius

"Memutar atau menyentuh rambut bisa menjadi masalah ketika terasa di luar kendali. Juga ketika frekuensinya terus meningkat menjadi penarikan rambut," jelas Wien.

Memutar atau menyentuh rambut bisa menjadi masalah ketika terasa di luar kendali atau ketika itu meningkat menjadi penarikan rambut terus-menerus. Kondisi itu dikenal dengan istilah trikotilomania atau kelainan mencabut rambut.

"Jika memang kebiasaan ini telah meningkat dan tidak terkendali, Anda bisa untuk meminta bantuan profesional untuk mengelola hal tersebut," jelas Wien.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.