Sukses

Evaluasi PPKM Baik, Jubir Reisa: Semoga Keadaan Makin Membaik

Liputan6.com, Jakarta Evaluasi kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menunjukkan hasil bagus. Terkait ini Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Reisa Broto Asmoro mengucapkan syukur bahwa keadaan semakin membaik.

Sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo (Jokowi), PPKM level 4 yang diberlakukan 26 Juli-2 Agustus 2021, sebagai kelanjutan dari PPKM Darurat telah berkontribusi terhadap turunnya angka konfirmasi kasus harian dan jumlah kasus aktif.

Kesembuhan juga meningkat dan bertambahnya ketersediaan tempat tidur COVID-19 di rumah sakit.

“Jadi, peran kunci kita mendukung keberhasilan PPKM adalah dengan disiplin protokol Kesehatan. Insha Allah, pekan depan keadaan makin membaik dan kegiatan masyarakat akan lebih banyak yang dibuka lagi,” ucap Reisa saat konferensi pers PPKM, Rabu (4/8/2021).

Reisa turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia atas partisipasi penuh dan dukungan terhadap PPKM yang telah diterapkan sejak 3 Juli 2021.

"Kami sampaikan kepada semua pihak, tenaga Kesehatan, prajurit TNI, anggota Polri, relawan, dan media yang telah mendukung perkembangan baik ini. Terbukti, kalau bersama-sama kita kerja atasi pandemi, kita ternyata bisa lalui masa-masa kritis di beberapa minggu lalu. Alhamdulillah,” lanjutnya.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kurangi Bepergian Bantu Turunkan Kasus COVID-19

Terima kasih juga disampaikan Reisa Broto Asmoro kepada masyarakat dan pemerintah daerah, baik kota dan kabupaten, seperti Kabupaten Blitar, kota dan Kabupaten Mojokerto, Bondowoso, Salatiga, Bantul, Jogja, Sleman, dan Purworejo.

Seluruh kabupaten/kota yang kompak saling mendukung menurunkan mobilitas untuk kesuksesan PPKM Darurat.

“Anda teladan kami, matur sembah nuwun,” puji Reisa melalui pernyataan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

Menurut Reisa, tindakan sederhana dengan tinggal di rumah, mengurangi bepergian keluar rumah mampu menurunkan kasus COVID-19. Risiko tertular COVID-19 jadi minim. Apalagi melihat kemampuan penularan varian Delta lebih cepat.

Varian ini dua tiga kali lebih mudah dan cepat dibandingkan varian awal pandemi. Apabila varian awal bisa menulari 2 orang, maka varian delta bisa menulari 6-8 orang dalam sekali kontak dengan pasien atau droplet yang mengandung virus.

"Memilih tinggal di rumah atau sangat selektif bepergian, hanya kalau terpaksa atau ke sentra vaksin serta menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan adalah kontributor dari membaiknya situasi saat ini," imbuh Reisa.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.