Sukses

PMI Gelar Vaksinasi COVID-19 untuk Masyarakat Umum dan Pelajar

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya berdampak pada kesehatan, pandemi COVID-19 yang telah berlangsung lebih dari satu tahun juga berdampak pada perekonomian berbagai negara termasuk Indonesia.

Di samping itu, vaksin COVID-19 menjadi harapan baru bagi semua negara untuk keluar dari dampak pandemi. Program vaksinasi nasional dilakukan untuk mempercepat tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Untuk itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Pusat menggelar vaksinasi COVID-19 untuk mendukung pemerintah dalam penanggulangan pandemi COVID-19 demi mewujudkan Indonesia Sehat.

Vaksinasi Ini digelar pada Kamis 29 Juli 2021 di Yayasan Perguruan Ksatrya Jakarta.

“PMI Kota Jakarta Pusat terus membantu pemerintah dan masyarakat, mempercepat vaksinasi agar pandemi COVID-19 segera selesai,” ungkap Ketua PMI Kota Jakarta Pusat, H. Soewardi Sulaiman mengutip keterangan pers, Jumat (30/7/2021).

2 dari 5 halaman

1.000 Vaksinasi per Hari

Soewardi menambahkan, Program PMI Kota Jakarta Pusat ini memiliki target 1000 vaksinasi per hari.

Vaksinasinya sendiri diperuntukkan masyarakat umum, pelajar dan relawan Palang Merah Indonesia Kota Jakarta Pusat. Rencananya, vaksinasi ini dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama dilaksanakan pada 29 Juli 2021 dan tahap kedua 26 Agustus 2021.

Selain kegiatan vaksinasi, selama pandemi COVID-19 PMI Kota Jakarta Pusat telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu peran aktif dalam melayani masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19.

3 dari 5 halaman

Dilakukan Secara Berkala

Kegiatan ini dilakukan secara berkala dan teragenda dengan sasaran pemukiman warga, fasilitas umum, perkantoran dan layanan pendidikan, lanjut Soewardi.

Selama masa pandemi, PMI Kota Jakarta Pusat juga memberikan dukungan fasilitas cuci tangan, sabun cuci tangan, dan pembagian masker sebagai upaya pencegahan dan respons terhadap pandemi COVID-19.

Sementara itu, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat umum terus dilakukan sebagai upaya penguatan kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat. 

Serta, untuk memutus mata rantai penularan COVID19 di masyarakat, PMI juga melaksanakan kegiatan Penguatan Perilaku Higienis Penyediaan Fasilitas Cuci Tangan Pakai Sabun dengan menggunakan Pendekatan Pelibatan Promosi Kebersihan di sejumlah titik lokasi penyediaan fasilitas.

4 dari 5 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin COVID-19 Sinovac dengan AstraZeneca

5 dari 5 halaman

Simak Video Berikut Ini: