Sukses

Cek Stok Obat Terapi COVID-19 di Apotek Lewat FarmaPlus, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat kini bisa mencari ketersediaan obat, terutama untuk terapi COVID-19 di farmaplus.kemkes.go.id. Di laman website tersebut bisa diketahui stok obat tersebut ada berapa dan di apotek mana bisa didapatkan.

"Kemenkes telah membuat aplikasi Farmaplus, yang berisi informasi ketersediaan obat yang dapat diakses oleh masyarakat," kata Arianti Anaya, Sekretaris Direktorat Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI pada konferensi pers 10 Juli 2021.

Arianti mengatakan bahwa untuk mengakes Farmaplus sangat mudah. Bukan cuma masyarakat yang ada di Pulau Jawa, laman website ini terhubung dengan apotek yang ada di seluruh provinsi di Indonesia.

"Jadi, bisa diketahui obat yang dibutuhkan tersebut ada dimana dan lokasi apoteknya ada di mana," terang Arianti.

 

2 dari 5 halaman

Belum Realtime

Arianti juga mengatakan bahwa data yang ada di laman tersebut memang belum realtime (saat ini). Bila membuka laman farmaplus.kemkes.go.id, di bagian atas akan tertulis bahwa update akan dilakukan setiap pukul 17.00 WIB.

Ini artinya, bila Anda membuka data pukul 07.00 pagi keesokan harinya mungkin ketersediaan obat tidak sama dengan yang tertera. Alias bukan data realtime. Oleh karena itu masyarakat diminta untuk mengonfirmasi ke apotek yang dimaksud.

Arianti mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan terus melakukan pengembangan agar data obat dan multivitamin di Farmaplus bisa realtime.

"Kami akan terus melakukan pengembangan dari sistem ini agar bisa realtime segara," kata Arianti lewat pesan teks ke Health-Liputan6.com pada Sabtu, 24 Juli 2021.

 

3 dari 5 halaman

Pengalaman Mencoba Farmaplus

Health-Liputan6.com menjajal layanan Farmaplus pada Sabtu, 24 Juli 2021 sekitar puku 17.30 WIB. Langkah pertama dengan membuka laman https://farmaplus.kemkes.go.id/

- Lalu, mengklik obat yang dimaksud. Misalnya Favipiravir. Ini adalah obat yang sudah mendapat emergency use authorization (EUA) untuk COVID-19 dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Fapiravir digunakan pada pasien COVID-19 derajat ringan dan sedang.

- Kemudian, pilih Provinsi, Kabupaten/Kota dan Apotek yang dimaksud misal Kimia Farma. Nanti akan terlihat di Kimia Farma mana saja obat tersebut tersedia. Salah satu apotek yang menyediakan Fapiravir adalah Kimia Farma 055 Kebayoran Lama Jakarta.

- Untuk memastikan ketersediaan obat di apotek tersebut, tersedia nomor telepon serta nomor WhatsApp. Ketika diklik logo WhatsApp langsung tersambung dengan apotek tersebut.

"Selamat malam, ada pak. untuk pembeliannya harus dengan resep dokter ya 🙏 karena penggunaannya dibawah pengawasan dokter," tulis petugas apotek tersebut.

Namun, ketika mencoba di apotek lain, belum tentu tersedia layanan konfirmasi lewat WhatsApp ada juga nomor telepon yang tidak bisa dihubungi.

 

4 dari 5 halaman

Infografis Meroketnya Harga Obat dan Asupan Covid-19.

5 dari 5 halaman

Simak Juga Video Berikut