Sukses

Tes COVID-19 pada Pemudik Masuk Jabodetabek Harus Maksimal

Jika tes COVID-19 pemudik kurang maksimal, Doni Monardo mewanti-wanti akan banyak kasus COVID-19 yang lolos masuk Jabodetabek.

Liputan6.com, Jakarta Jika tes COVID-19 bagi pemudik masa arus balik Lebaran kurang maksimal, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mewanti-wanti, akan banyak yang 'lolos' (tidak terdeteksi positif COVID-19) masuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Salah satunya tes COVID-19 di Lampung bagi para pemudik dan pelaku perjalanan yang akan pulang ke Pulau Jawa, khususnya wilayah Jabodetabek.

"Terkait dengan mobilisasi warga masyarakat pascamudik. Salah satunya di wilayah Lampung, ada program pemeriksaan, mulai dari antigen swab sampai PCR swab. Dan telah ditemukan sebanyak 532 orang warga positif COVID-19 setelah dilakukan pemeriksaan swab PCR," kata Doni usai Rapat Terbatas di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/5/2021).

"Sebagian besar dari pelaku perjalanan ini adalah yang akan kembali ke Jabodetabek. Jadi, bisa dibayangkan kalau seandainya Gubernur Lampung, Kapolda Danrem, dan seluruh instansi, baik instansi pemerintah pusat dan daerah di wilayah Lampung kurang begitu maksimal dalam pemeriksaan, akan banyak sekali yang 'lolos' ke wilayah Jabodetabek."

Ketika banyak pemudik yang 'lolos' pemeriksaan, potensi penularan virus Corona dapat terjadi. Penyebaran COVID-19 pun tak terelakkan.

"Sehingga dapat menulari keluarganya, para kerabat serta rekan-rekan di tempat kerja," lanjut Doni Monardo.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemudik Positif COVID-19, Pemda Lampung Siapkan Fasilitas Perawatan

Bagi para pemudik dan pelaku perjalanan yang positif COVID-19 saat pemeriksaan, Doni Monardo menambahkan, Pemerintah Provinsi Lampung sudah menyiapkan fasilitas perawatan.

"Mereka sekarang (532 warga positif COVID-19) dalam perawatan di sejumlah tempat di Lampung, rumah sakit maupun tempat-tempat yang telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung," tambahnya.

Dalam upaya pemeriksaan pemudik dan pelaku perjalanan menuju Pulau Jawa, Satgas Khusus mandatory check di Lampung di bawah kepemimpinan Kapolda Lampung dan Komandan Korem bekerja sama dengan semua komponen yang ada.

"Sehingga kita lihat hasilnya cukup memuaskan. Kerjasama juga menyasar, dinas kesehatan, dinas perhubungan, dinas Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP), pelabuhan semuanya telah bekerja keras dan juga kepatuhan masyarakat untuk mau mengikuti pemeriksaan COVID-19," jelas Doni, yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

3 dari 3 halaman

Infografis Larangan Mudik Lebaran 2021 dan Siasat Warga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.