Sukses

Inggris Bakal Uji Coba Festival Musik dengan Penonton Tanpa Jaga Jarak

Seluruh penonton yang masuk lokasi konser musik wajib mengikuti tes cepat COVID-19

Liputan6.com, London - Selandia Baru sudah menggelar konser musik tanpa menggunakan masker dan jaga jarak. Kali ini, Inggris yang akan menggelar festival musik pada 2 Mei 2021 nanti dihadiri 5.000 penonton.

Promotor musik Festival Republic bakal menggelar acara ini di luar ruangan tepatnay di Sefton Park, Liverpook. Meski tanpa perlu menjaga jarak serta tidak memakai masker, seluruh penonton yang masuk wajib mengikuti tes cepat COVID-19 seperti mengutip Travel and Leisure.

Peneliti bakal berada di lokasi festival musik lalu akan mengamati pergerakan serta perilaku kerumunan. Dari uji coba ini diharapkan bisa membantu pemerintah dalam penetapan aturan di kerumunan seperti stadion olahraga, teater, resepsi pernikahan, ruang rapat, klub malam pada musim panas di sana.

"Kami selangkah lebih dekat ke acara-acara di musim panas. Dan, sekarang program penelitian sedang berlangsung," kata Sekretaris Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden mengutip CNN.

"Dengan menguji peraturan dan melihat mitigasi adalah kunci untuk melihat orang-orang kembali berkumpul tapi pulang dengan selamat," lanjut Oliver.

 

Simak Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rancangan untuk Masa Depan

Uji coba festival musik ini pun tentu sudah diketahui Menteri Kesehatan Inggris, Matt Hancock. Lewat uji coba ini, pemangku kepentingan bisa melihat bagaimana membuat acara besar bisa berlangsung dengan aman.

"Dengan uji coba berbagai kondisi untuk menekan penularan, kami dapat mengumpulkan bukti penting untuk menggelar acara-acara di masa depan," kata Hancock.

3 dari 3 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.