Sukses

Kenali Khasiat Madu dan Kurma, Resep Selvi dan Gibran Fit Saat Puasa Ramadan

Sederet manfaat madu dan kurma yang menjadi menu favorit Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda kala puasa

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan istrinya, Selvi Ananda, madu dan kurma menjadi andalan untuk menjaga kesehatan saat menjalani ibadah puasa Ramadan.  

Menurut Selvi, asupan madu dan kurma dapat menjaga energi tubuh dan membuat tubuh tetap fit. Selvi juga mengonsumsi vitamin dan buah serta minum banyak air putih saat sahur.

Baik madu maupun kurma dikenal sebagai panganan yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kala puasa, madu dan kurma dapat membantu untuk menahan rasa lapar. Selain itu, keduanya juga dapat membuat berat badan lebih terkendali.

Berikut Liputan6.com rangkum manfaat madu dan kurma untuk dikonsumsi selama puasa dari beberapa sumber:

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bantu menahan rasa lapar

Buah kurma memiliki kandungan serat dan kandungan gula yang cukup tinggi sehingga dapat membuat Anda akan lebih cepat merasa kenyang. Glukosa lambat lepas dalam kurma ketika dikonsumsi saat sahur dapat berfungsi sebagai cadangan energi selama seharian berpuasa. 

Madu pun memiliki manfaat untuk menahan lapar. Hal ini karena adanya karbohidrat yang terkandung pada madu. Dalam satu sendok madu terdapat sekitar 17 gram karbohidrat.

3 dari 6 halaman

Memberikan energi

Setelah seharian berpuasa, tubuh akan kehabisan energi dan membutuhkan asupan kalori. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Pasalnya, buah ini memiliki banyak nutrisi yang cepat dicerna tubuh.Namun, disarankan hanya mengonsumsi tiga butir kurma saja agar tubuh tidak banyak menerima gula.

Begitu juga dengan madu. Madu merupakan sumber energi yang baik dengan kandungan gula alami dan karbohidrat di dalamnya. Madu dapat dicampur dengan air putih sebagai minuman manis saat sahur ataupun berbuka.

4 dari 6 halaman

Mencegah sembelit

Perubahan pola makan selama puasa berpotensi menimbulkan masalah pencernaan dan salah satunya adalah sembelit. 

Kandungan serat yang tinggi pada buah kurma sangat baik bagi saluran pencernaan, dan tentunya dapat mencegah sembelit. Serat ini juga dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Madu juga bermanfaat mencegah sembelit. Madu mengandung antiseptik yang dapat membantu meningkatkan produksi lendir di dalam usus dan mengurangi kadar keasaman dalam perut.

5 dari 6 halaman

Mengendalikan berat badan

Buah kurma dapat membantu mengendalikan berat badan dengan menurunkan nafsu makan saat berbuka puasa. Mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka akan membuat Anda merasa kenyang. 

Tak hanya kurma, madu juga mampu mengendalikan berat badan. Lemak yang masuk ke dalam tubuh dapat dibakar dengan memanfaatkan madu yang sudah dicairkan dengan air hangat. Lemak yang ada di dalam tubuh pun kemudian akan terbakar dan diubah menjadi energi untuk tubuh selama menjalankan ibadah puasa.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

6 dari 6 halaman

Infografis 5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.