Sukses

Cegah, Kenali dan Atasi Batuk Segera dengan Metode CAKEBS

Penyakit batuk sangat ditakut saat ini. Bagaimana tidak, batuk merupakan salah satu ciri-ciri seseorang tertular virus Covid-19. Namun, tidak semua orang mengalami batuk itu terjangkit virus.

Liputan6.com, Jakarta Penyakit batuk sangat ditakut saat ini. Bagaimana tidak, batuk merupakan salah satu ciri-ciri seseorang tertular virus Covid-19. Namun, tidak semua orang mengalami batuk itu terjangkit virus. 

Penyebab batuk

Perlu diketahui, batuk memang penyakit yang umum terjadi. Namun sudahkah kamu memahami apa saja hal yang memicu kondisi tersebut? Pada umumnya, batuk bisa timbul karena 2 faktor, yakni infeksi dan non-infeksi. 

Gejala Umum Covid-19

Kalau dulu sakit batuk dan flu terasa biasa, berbeda dengan kondisi setahun terakhir sejak pandemi melanda. Penyebaran Covid-19 yang menimbulkan gejala umum seperti batuk, flu, sakit tenggorokan atau gangguan tenggorokan, hingga demam membuat banyak orang merasa insecure ketika terserang batuk. Yup, melihat kondisi pandemi masih belum berakhir, ada baiknya lebih waspada jika mengalami gejala batuk dan pastinya harus segera diatasi.

Infeksi Virus

Infeksi virus atau bakteri adalah penyebab batuk kering yang umum terjadi. Kondisi ini sering menyebabkan common cold (pilek biasa) dan flu. Batuk kering akan terjadi pada awal penyakit. Namun, bisa terjadi pada pertengahan atau akhir infeksi.

Kondisi batuk kering akibat pilek dan flu biasanya berlangsung lebih lama. Tidak perlu khawatir jika tidak ada kemungkinan komplikasi. Batuk akan sembuh dua sampai tiga minggu kemudian.

Pneumonia

Batuk pneumonia diawali dengan batuk kering yang setelah beberapa hari berubah menjadi batuk basah dengan lendir berwarna kuning, hijau, atau merah. Gejala tambahan termasuk demam, kedinginan, sulit bernapas, dan nyeri saat bernapas dalam atau batuk.

Pneumonia adalah infeksi pada satu atau kedua paru-paru. Infeksi ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Infeksi ini menyebabkan peradangan di kantung udara di paru-paru yang disebut alveoli. Alveoli akan terisi dengan cairan atau nanah, sehingga seseorang bisa sulit bernapas.

Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi saluran pernapasan atas bisa menjadi penyebab batuk kering berkepanjangan. Infeksi ini akan disertai pilek dan flu. Hingga membuat lendir atau ingus dari hidung akibat pilek turun ke tenggorokan (post nasal drip). Awalnya mungkin penderita akan mengalami batuk berdahak akut. Kemudian batuk ini akan menjadi batuk kering berkepanjangan.

Hilangkan batuk dengan Metode CAKEBS

Untuk mengatasi batuk di rumah, ternyata cukup mudah. Kamu bisa melakukannya tanpa harus ke rumah sakit. Ingat, saat panemi ini, kita dianjurkan untuk tidak ke rumah sakit terlebih dahulu, kecuali adanya penanganan bersifat darurat. 

Untuk itu, kamu bisa melakukan swamedikasi mandiri batuk di rumah dengan mudah, yaitu menggunakan metode CAKEBS yang merupakan kepanjangan dari Cegah, Kenali, dan Atasi Batuk Segera. 

Langkah pertama adalah Cegah batuk dengan menjalani gaya hidup sehat, tingkatkan daya tahan tubuh dengan makanan bernutrisi tinggi, dan jangan lupa untuk disiplin menjalani protokol kesehatan yang berlaku. Jangan lupa cegah penularan batuk dengan menerapkan etika batuk yang benar saat berada di tempat umum. 

Selanjutnya Kenali jenis batuk yang dialami. Pada umumnya ada dua jenis batuk yang sering dialami, yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak terjadi ketika saluran pernapasan terinfeksi sehingga tubuh memproduksi banyak lendir. 

Sementara itu, batuk kering bisa disebabkan saat tubuh bereaksi terhadap pemicu alergi yang masuk ke dalam saluran pernapasan atau asma.

Terakhir, jangan lupa Atasi Batuk Segera dengan cara memilih obat batuk yang tepat. Setelah mengenali jenis batuk yang sedang menyerang, kamu bisa lebih mudah menentukan obat batuk seperti apa yang dibutuhkan. 

Jika mengalami batuk berdahak, pilih Woods Expectorant yang mengandung Bromhexine HCl dan Guaifenesin untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak. Namun jika yang kamu alami adalah batuk tidak berdahak, pilih Woods Antitusive yang mengandung Dextromethorphan HBr dan Diphenhydramine HCl yang di gunakan untuk mengobati alergi dan batuk tidak berdahak. Formula ini mampu menekan batuk hingga ke pusatnya dan menghilangkan gatal di tenggorokan.

Coba terapkan CAKEBS saat batuk menyerang. Untuk informasi lebih lanjut, klik di sini. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.