Sukses

WHO: Varian Baru Virus Corona Tak Mengubah Langkah Pengendalian COVID-19 yang Sudah Ada

Liputan6.com, Jakarta World Health Organization (WHO) menegaskan bahwa apapun varian baru virus corona yang ada saat ini, strategi pencegahan COVID-19 yang telah dilakukan selama ini tetap bermanfaat.

"Semua yang kita pelajari tentang varian-varian ini, tidak mengubah pendekatan kita dalam mengendalikan COVID," kata Maria Van Kerkhove, Technical Lead COVID-19 WHO dalam konferensi persnya pada Senin (25/1/2021) waktu setempat.

Van Kerhove mengatakan ada empat elemen yang dikerjakan negara-negara di dunia dalam menangani pandemi COVID-19, yaitu pencegahan, pengendalian, perawatan, dan vaksinasi.

Ia mengatakan, masih butuh waktu panjang untuk melihat dampak dari vaksinasi terhadap pandemi. Namun, masih ada cara lain dalam menangani wabah COVID-19 ini.

"Kita harus, saat ini juga, mencegah sebanyak mungkin kasus yang kita bisa," ujarnya.

"Tidak hanya untuk menjaga agar diri kita tetap mana tetapi juga melindungi orang tercinta kita, mereka yang punya kondisi bawaan, mereka yang berisiko tinggi mengalami gejala parah dan meninggal."

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Langkah yang Telah Dilakukan Tetap Berguna

Selain itu dalam elemen pengendalian, yang dilakukan adalah melakukan tes untuk menemukan kasus aktif dengan cepat, serta memastikan apakah individu terinfeksi atau tidak.

"Pastikan mereka yang ada dalam perawatan klinis dan mendapatkan assesmen, oksigen, deksamethasone apabila mereka bergejala parah atau kritis, dan lebih banyak terapeutik secara daring."

Van Kerhove juga mengatakan bahwa setiap individu harus memastikan mereka melakukan pencegahan seperti mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan memakai masker.

Ia menambahkan bahwa semua orang masih memiliki kendali terhadap virus corona, tidak peduli dimana pun asalnya.

"Anda masih punya kendali terhadap apa yang Anda lakukan sehari-hari, terhadap paparan yang mungkin terjadi atau tidak. Anda punya informasi, pengetahuan, dan peralatan, untuk mencegah diri Anda dan yang Anda cintai dari terinfeksi."

"Bahkan dengan varian baru ini dan apa yang kita pahami tentang varian ini, langkah-langkah pengendalian tersebut berguna," pungkas Van Kerkhove.

3 dari 4 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini