Sukses

Berada Dalam Kecelakaan Pesawat, Apa yang Harus Dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta Memasuki 2021, kabar duka datang dari salah satu maskapai penerbangan komersial Tanah Air. Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 tipe Boeing 737 rute Jakarta-Pontianak diduga jatuh di Kepulauan Seribu, Sabtu, 9 Januari 2021. Sebelumnya, pesawat dikabarkan hilang kontak empat menit setelah lepas landas.

Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 diketahui mengangkut 50 penumpang dan 12 kru. Pesawat ini mengalami keterlambatan penerbangan atau delay sekitar 30 menit dari jadwal semula karena faktor cuaca. Maskapai mengkhawatirkan kondisi hujan deras akan mengganggu penerbangan.

Insiden pesawat jatuh terdengar tragis dan bisa jadi menimbulkan trauma. Namun, sebenarnya kecelakaan pesawat jarang terjadi. Data statistik menunjukkan, kemungkinan seseorang dapat meninggal akibat kecelakaan pesawat adalah 1 berbanding 29,4 juta, dikutip dari laman Klikdokter. Namun jika kecelakaan pesawat tak terhindarkan, kemungkinan seseorang untuk selamat hanya 24 persen.

Berada dalam kondisi darurat seperti kecelakaan pesawat tentu bukan hal yang menyenangkan. Memiliki pengetahuan tentang cara memperbesar peluang selamat seandainya ada dalam suatu kecelakaan pesawat tetap penting.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika mengalami situasi darurat seperti kecelakaan pesawat, dilansir laman CBSNews. Mengutip seri kedua buku survival The Worst-Case Scenario Survival Handbook: Travel, penulis Joshua Piven dan David Borgenicht merangkum informasi dari para ahli mengenai cara mengatasi kondisi genting seperti kecelakaan pesawat.

 

 

2 dari 3 halaman

Siaga ketika Mengalami Kecelakaan Pesawat

1. Pastikan sabuk pengaman Anda telah dikencangkan dan kursi dalam posisi tegak.

2. Menunduk ke depan dengan satu lengan merengkuh lutut.

3. Letakkan bantal di pangkuan dan arahkan kepala ke bantal dan lindungi dengan lengan lainnya.

4. Dorong kaki ke luar dan bersiap menghadapi tekanan dengan meletakkan kaki atau lutut ke arah sandaran kursi depan.

Jika pesawat jatuh ke air, longgarkan pakaian (dan dasi) untuk memudahkan Anda bergerak jika kondisi mengharuskan Anda berenang. Bersiaplah untuk melakukan dua hentakan ketika pesawat menyentuh air dan hidung pesawat membentur air lagi.

5. Tetap tenang dan bersiap membantu diri sendiri

Sebagian besar mereka yang selamat dari kecelakaan pesawat karena kekuatan sendiri atau bantuan dari orang lain di pesawat. Pertolongan dari luar kerap datang kemudian, sehingga nyaris tak mungkin membantu Anda keluar dari pesawat.

6. Jangan bawa apa-apa

Jika ada benda berharga yang dirasa sangat penting bagi Anda, sebaiknya masukkan dalam saku baju atau celana. Dalam keadaan darurat, keselamatan diri menjadi yang utama dibandingkan barang-barang Anda.

7. Tetap menunduk saat pesawat terbakar

Ikuti prosedur keluar yang telah dijelaskan dalam sesi safety briefing. Lampu berwarna merah di sepanjang lantai akan menunjukkan arah menuju pintu darurat.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Berikut Ini