Sukses

Prioritaskan Vaksinasi COVID-19, Wamenkes Dante: Biar Tercapai Herd Immunity

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan, semakin cepat vaksinasi COVID-19 bisa dilaksanakan, maka herd immunity dari virus SARS-CoV-2 sfpun bisa segera dicapai.

Pernyataan ini disampaikan Dante dalam keterangan pers usai pelantikannya di Istana Negara, pada Rabu (23/12/2020).

Pada kesempatan tersebut, Dante mengungkapkan beberapa tugas yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dirinya dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

"Vaksin ini menjadi sangat penting untuk didahulukan realisasinya. Karena dengan melakukan vaksinasi yang secepat mungkin, maka kita bisa memperoleh herd immunity yang lebih baik," ujarnya.

Selain vaksinasi COVID-19, Dante mengatakan bahwa yang pertama adalah mengenai percepatan serapan anggaran untuk Kemenkes.

"Mengingat situasi kondisi yang sekarang dalam kondisi pandemi, maka serapan itu harus efektif, harus tepat guna, dan harus maksimal," katanya

 

2 dari 4 halaman

Serapan Anggaran

Dokter spesialis penyakit dalam itu menambahkan, serapan anggaran tersebut menjadi "tulang punggung" untuk mengatasi pandemi COVID-19 dengan cepat.

"Jadi beberapa hal yang akan kami lakukan adalah melakukan beberapa sinergi, di antara kita, terutama dengan arahan pak Menteri Kesehatan nanti," kata Dante.

Mendampingi Budi Gunadi sebagai orang nomor dua di Kementerian Kesehatan, Dante Saksono adalah seorang dokter spesialis penyakit dalam lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Ia lalu menempuh pendidikan S3 di University of Yamanashi Jepang, di bidang molekuler diabetes dan lulus pada 2008.

Saat dilantik menjadi Wamenkes, Dante berusia 47 tahun. Sebelumnya, ia juga pernah tergabung dengan beberapa organisasi kedokteran seperti Pengurus Besar Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PB Perkeni) dan pernah menjadi Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI).

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Wajah Baru dalam Reshuffle Kabinet Jokowi

4 dari 4 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini