Sukses

5 Cara Atasi Lelah Berlebih Selepas Bekerja

Lelah dan kehabisan energi setelah bekerja seharian adalah perasaan yang umum menghinggapi para pekerja.

Liputan6.com, Jakarta Lelah dan kehabisan energi setelah bekerja seharian adalah perasaan yang umum menghinggapi para pekerja. Tapi, kerap kali ada banyak hal yang ingin dilakukan setelah bekerja, sehingga menyerah pada rasa lelah bukanlah pilihan.

Ada beberapa alasan yang menjadi penyebab seseorang merasa lelah berlebihan setelah bekerja. Beberapa faktor umum termasuk waktu istirahat yang tidak memadai, stres atau masalah mental lainnya, seperti depresi, jam kerja yang panjang, dan masalah kesehatan atau penyakit. Namun, itu semua dapat diatasi dengan beberapa tindakan yang dapat membantumu tidak merasa lelah setelah bekerja seperti berikut ini.

Tidur yang Cukup di Malam Hari

Kurang tidur adalah penyebab utama kelelahan, baik selama hari kerja maupun setelahnya. Tidur nyenyak selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan untuk diri sendiri. Saat dirimu kurang tidur, hampir dapat dipastikan akan mengalami kelelahan setelah bekerja.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mencukupi Kebutuhan Air untuk Tubuh

Dehidrasi adalah penyebab umum kelelahan, terutama bagi orang yang bekerja di lingkungan kantor. Mereka akan suka mengonsumsi minuman bersoda atau juga minuman mengandung kafein. Pada dasakan minuman bersoda dan kopi tidak dapat menghindari tubuh. Keduanya tidak memberi cukup air yang dibutuhkan tubuh, jadi dirimu akan merasa lelah di penghujung hari. Penuhi kebutuhan air sebanyak 2 liter untuk menghindari dehidrasi.

3 dari 6 halaman

Makan Siang yang Ringan dan Seimbang

Meskipun penting untuk makan tiga kali setiap hari, pilihan makan siang yang sangat penting untuk menghindari kelelahan pasca kerja. Menghindari gula, karbohidrat berlebih, dan makanan berminyak akan membantu menjaga tingkat energi sepanjang hari. Ini berarti hindari makanan seperti burger, donat, dan kentang goreng. Pilihlah salad, sup rendah sodium, sashimi, dan makanan ringan dan sehat lainnya.

4 dari 6 halaman

Jaga Kadar Gula dalam Darah

Jika kadar gula darah berfluktuasi terlalu banyak sepanjang hari, dirimu akan merasa lelah dan lesu. Ini akan menyebabkanmu hanya ingin tidur siang setelah bekerja. Untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, makanlah makanan kecil dengan indeks glikemik rendah makanan dan camilan sepanjang hari alih-alih menjejalkan makan siang dengan porsi besar tanpa camilan di antara waktu makan. Biasanya, ini berarti makan makanan dengan lemak dan serat yang sehat, seperti oatmeal, ubi jalar, kebanyakan buah-buahan dan sayuran tidak bertepung.

5 dari 6 halaman

Tetap Aktif Sepanjang Hari

Bahkan jika dirimu melakukan pekerjaan di meja kantor, dirimu masih akan memperoleh manfaat dengan tetap cukup aktif sepanjang hari kerja. Jika dirimu duduk sepanjang hari, mungkin akan mengakhirinya dengan perasaan lelah. Jadi, berjalan-jalanlah selama jam makan siang, berjalan-jalan setelah bekerja atau pergi ke gym.

Nah, berikut tadi tips untuk mengatasi lelah saat setelah bekerja. Berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat adalah kuncinya.

(Gayuh Tri Pinjungwati/Fimela.com)

6 dari 6 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.