Sukses

1 Juta Penduduk Indonesia Menderita Hati yang Tak Sehat

Hepatitis atau penyakit hati atau lever menimpa satu juga penduduk di Indonesia dan kematian karenanya juga tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 1.017.290 orang Indonesia terdiagnosis hepatitis atau penyakit hati per tahunnya, menurut laporan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018.

Jika dipersentasekan, 0,39 persen dari jumlah penduduk di tanah air menderita hati yang tak sehat.

Bahkan, pada Mei 2018, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut bahwa 1,34 juta kematian yang terjadi pada 2015 disebabkan hepatitis.

Jumlah tersebut melampaui kasus HIV dan hampir sama besarnya dengan kasus Tuberkulosis (TBC).

Dokter spesialis penyakit dalam, Prof Dr dr I Dewa Nyoman Wibawa SpPD - KGEH, mengatakan, pengidap hepatitis akan mengalami perjalanan dari hati yang sehat, hepatitis akut, hepatitis kronik, kemudian menjadi sirosis hati.

Menurut Wibawa, satu per tiga dari pengidap hepatitis akan mengalami sirosis.

"Dari sirosis, 10 sampai 15 persen akan menjadi kanker, 23 persen dalam lima tahun pengidap sirosis akan mengalami gagal hati yang berujung pada kematian," kata Wibawa di diskusi daring Manfaat Curcuma untuk Melindungi Kesehatan Hati dan Daya Tahan Tubuh belum lama ini.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hepatitis di Indonesia

Pada kesempatan itu, Wibawa menyinggung bahwa Asia Pasifik merupakan wilayah dengan pangsa virus hepatitis B (HBV) dan virus hepatitis C (HVC) terbesar di dunia.

Sebanyak 74 persen dari global kematian akibat kanker hati terjadi di Asia, termasuk Indonesia.

Sayangnya, sembilan dari 10 pengidap tidak menyadari dirinya memiliki hepatitis B bahkan C. Dan, satu dari empat pengidap akan meninggal karena kanker atau gagal hati.

Itu mengapa hepatitis juga dapat dijuluki sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam.

Oleh sebab itu, Wibawa mengingatkan pentingnya melakukan pencegahan agar hati tetap sehat.

 

3 dari 4 halaman

Cegah dengan Konsumsi Temulawak

Salah satu yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman yang berkhasiat untuk kesehatan hati atau liver, yaitu temulawak.

Temulawak, tanaman dengan nama latin Curcuma Xanthorrhiza, kata Wibawa adalah tanamapan herbal yang mengandung zat aktif berupa curcumin.

Curcumin merupakan senyawa berwarna kuning yang terkandung di dalam temulawak dan kunyit yang kaya akan manfaat kesehatan.

Prof Wibawa menjelaskan karena memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan, kombinasi curcumin dan piperin bisa digunakan sebagai preventif (pencegahan) yang dapat dikonsumsi oleh pasien dengan risiko penyakit hati seperti pasien diabetes mellitus tipe 2 dan pasien dengan riwayat hepatitis agar kesehatan hatinya tetap terjaga.

"Mekanisme hepatoprotektif terjadi karena efek curcumin sebagai antioksidan yang mampu menangkap ion superoksida dan memutus rantai antar ion superoksida (O2-) sehingga mencegah kerusakan sel hepar karena peroksidasi lipid dengan cara dimediasi oleh enzim antioksidan yaitu superoxide dismutase (SOD) dimanaenzim SOD akan mengonversi O2 menjadi produk yang kurang toksik," Wibawa menjelaskan.

4 dari 4 halaman

Infografis Hepatitis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hepatitis A adalah penyakit radang organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A (HAV).

    Hepatitis A

  • Hepatitis B atau infeksi hati adalah infeksi virus hepatitis B (VHB) pada hati. Virus ini dapat menimbulkan peradangan dan memicu timbulnya

    Hepatitis B

  • Hepatitis C merupakan infeksi akibat virus yang menyebabkan terjadinya peradangan pada hati.

    Hepatitis C

  • Hati merupakan salah satu organ yang terdapat pada tubuh, dengan letak di sisi kanan abdomen di balik tulang rusuk.

    penyakit hati

  • Hepatitis adalah peradangan pada hati karena toxin, seperti kimia atau obat ataupun agen penyebab infeksi.

    Hepatitis

  • Liver