Sukses

Tak Hanya Lindungi Diri Sendiri, Vaksin Juga Lindungi Negeri

Dengan ditemukannya vaksin, banyak pandemi telah berhasil teratasi.

Liputan6.com, Jakarta Selain melindungi diri, vaksin juga bisa melindungi lingkungan. Dengan ditemukannya vaksin, banyak pandemi telah berhasil teratasi.

Vaksin yang diberikan dengan cara disuntik atau diteteskan ke dalam mulut akan membantu terbentuknya kekebalan tubuh sehingga terlindung dari penyakit. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro.

"Pemberian vaksin melalui cara disuntikkan atau pun diteteskan ke dalam mulut bertujuan untuk membentuk antibodi dalam tubuh yang akan berperan efektif dalam pencegahan penyakit tertentu guna melindungi diri," kata Reisa dalam Dialog Produktif di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) secara daring, Kamis (8/10/2020).

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Imunisasi Cara Keluar dari Pandemi

Mengutip keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, imunisasi karena vaksinasi bisa membantu terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity). Reisa menambahkan, jika rata-rata atau semua masyarakat sudah divaksinasi sehingga memiliki imun tubuh yang melindungi, maka penyebaran penyakit akan berkurang. Karenanya imunisasi jadi salah satu cara keluar dari pandemi.

Sebelum diproduksi dan didistribusikan ke masyarakat, vaksin melalui berbagai tahapan panjang dan harus memenuhi prosedur ketat.

3 dari 3 halaman

Infografis Calon Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.