Sukses

6 Strategi Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lansia 2020-2024

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Kesehatan Lansia 2020-2024. Rencana aksi ini sebagai acuan upaya peningkatan kesehatan lansia, baik pemerintah pusat, daerah maupun pihak lainnya.

"Dalam rangka peningkatan kesehatan lansia, saya akan melakukan peluncuran Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lanjut Usia tahun 2020 sampai 2024," ujar Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto saat membuka Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Tahun 2020 yang digelar Kementerian Kesehatan, Selasa (22/9/2020).

"RAN ini sebagai acuan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh pihak terkait agar dapat melaksanakan seluruh rencana aksi tersebut."

Terawan berharap RAN yang sudah dibuat dapat dilaksanakan secara sinergis terintegrasi dan terkoordinasi yang baik. Apalagi 74 persen lansia menurut data Riset Kesehatan Dasar 2018 masih mampu melakukan aktivitas secara mandiri.

"Dan hampir separuh dari lansia masih bekerja. Kita berikan dukungan dan kesempatan kepada para senior (lansia) untuk tetap berkarya dan mendarma-baktikan potensinya," lanjut Terawan.

 

2 dari 4 halaman

6 Strategi RAN Kesehatan Lansia

Berikut ini 6 strategi RAN Kesehatan Lansia 2020-2024 yang baru saja diluncurkan Kementerian Kesehatan hari ini, 22 September 2020:

Strategi 1: Menyusun dan mensosialisasikan kebijakan dan regulasi serta norma, standar, prosedur, kriteria mengenai pelayanan kesehatan lanjut usia.

Strategi 2: Meningkatkan kuantitats dan kualitas fasiltas pelayanan kesehatan yang santun lanjut usai serta akses terhadap pelayanan kesehatan yang santun lanjut usia serta perawatan jangka panjang

Strategi 3: Membangun dan megembangkan kemitraan juga jejaring pelaksanaan pelayanan kesehatan lanjut usia yang melibatkan lintas program, lintas sektor, dan organisasi profesi, lembaga pendidikan, swadaya masyarakat, dunia usaha, media massa, dan pihak terkait lainya

Strategi 4: Meningkatkan ketersediaan data dan informasi di bidang kesehatan lanjut usia.

Strategi 5: Meningatkan peran sera dan pemberdayaan keluarga, masyarakat, dan lanjut usia dalam upaya peningkatan kesehatan lanjut usia.

Strategi 6: Meningkakan peran serta lanjut usia dalam upaya peningkatan kesehatan keluarga dan masyarakat.

3 dari 4 halaman

Penduduk Miskin Indonesia

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: