Sukses

CDC Imbau Warga AS Tak ke Indonesia, Satgas COVID-19: Semua Negara Ingin Lindungi Masyarakatnya

Satgas Penanganan COVID-19 menyampaikan pendapatnya soal imbauan AS melarang warganya tidak dulu ke Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengeluarkan imbauan untuk menghindari perjalanan internasional yang tidak penting ke Indonesia. CDC juga menyebutkan risiko COVID-19 di Indonesia tergolong tinggi.

Terkait imbauan CDC ini, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pandemi COVID-19 memang sedang terjadi di dunia. Tidak ada negara yang bebas dari COVID-19 sehingga menurut Wiku pasti setiap negara ingin melindungi warga negaranya agar tidak terpapar penyakit infeksi ini.

"Semua negara pasti berusaha melindungi warganya, masyarakatnya," kata Wiku dalam keterangan pers pada Selasa (8/9/2020).

"Jadi, kita hindari bersama untuk melakukan perjalanan antarnegara karena berpotensi mengimpor kasus. Seluruh negara pasti akan melakukan hal yang sama, demikian pula Indonesia," lanjutnya.

 

Wiku menerangkan bahwa dengan membatasi mobilitas merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kasus dengan baik. Sehingga ia meminta juga kepada masyarakat Indonesia bila akan melakukan perjalanan hanya yang esensial saja. Pastikan saat melakukan perjalanan ke luar wilayah disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Di kesempatan yang sama Wiku juga menanggapi pernyataan CDC, berikut, "Jika Anda sakit di Indonesia dan membutuhkan penanganan medis, sumber daya kemungkinan terbatas."

Terkait hal itu, Wiku mengatakan bahwa bukan hanya di Indonesia saja yang fasilitas kesehatan terbatas, negara-negara lain juga.

"Fasilitas kesehatan yang ada di Indonesia maupun negara lain semuanya serba terbatas," pesannya.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • CDC