Sukses

Chadwick Boseman, Black Panther, dan Cerita Wakanda Forever yang Tergelincir ke Dunia Nyata

Kabar meninggalnya Chadwick Boseman membawa kembali cerita-cerita tentang Black Panther dan Wakanda Forever.

Liputan6.com, New York - Kabar meninggalnya Chadwick Boseman membawa kembali cerita-cerita tentang Black Panther dan Wakanda Forever.

Dalam semesta Marvel, Wakanda adalah negara asal dari pahlawan super di film Black Panther yang diceritakan berada di Afrika Timur.

Wakanda pertama kali muncul dalam komik Fantastic Four pada 1966, dan muncul kembali saat Black Panther diadaptasi menjadi film pemenang Oscar pada 2019.

Melansir BBC, pada Desember 2019, Departemen Pertanian AS (USDA) mendaftarkan Wakanda sebagai mitra perdagangan bebas meskipun itu adalah negara fiksi.

Seorang juru bicara USDA, mengatakan, Kerajaan Wakanda ditambahkan ke daftar secara tidak sengaja selama tes staf. Pelacak tarif daring departemen tersebut memuat daftar terperinci barang-barang yang tampaknya diperdagangkan kedua negara, termasuk bebek, keledai, dan sapi perah.

Negara fiksi itu segera dihapus dari daftar setelah media AS pertama kali menanyakannya. Hal ini memicu lelucon bahwa negara-negara tersebut telah memulai perang dagang.

Daftar yang tidak biasa itu ditemukan oleh Francis Tseng, seorang insinyur perangkat lunak yang berbasis di New York yang sedang mencari tarif pertanian untuk beasiswa yang dia ajukan.

Dia mengatakan kepada media bahwa ketika dia pertama kali melihat Wakanda dalam daftar, dia menjadi sangat bingung.

"Saya pikir saya salah mengingat negara dari film itu dan membuatnya bingung dengan hal lain,” katanya mengutip BBC (29/8/2020).

Setelah daftar tersebut dihapus, juru bicara USDA mengatakan kepada media bahwa daftar Wakanda telah ditambahkan sebagai file tes untuk staf, dan seharusnya tidak pernah dipublikasikan.

"Informasi Wakanda seharusnya dihapus setelah pengujian dan sekarang telah dihapus," katanya.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kasus Pertama

Peristiwa tentang Wakanda dengan USDA bukan lah kasus pertama negara fiksi tergelincir ke dunia nyata.

Pada 2017, menteri luar negeri Polandia saat itu Witold Waszczykowski mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah bertemu dengan perwakilan dari sejumlah negara untuk membahas tawaran Polandia untuk bergabung dengan dewan keamanan PBB seperti Belize atau San Escobar.

Belize memang ada, sedangkan San Escobar tidak. Pada saat yang sama, para pejabat terkadang menghapus negara-negara yang benar-benar ada.

Pada 2004, misalnya, sampul buku panduan European Union (EU) menampilkan peta negara-negara anggota EU, termasuk Inggris Raya. Namun, Wales tidak tercantum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.