Sukses

Raih Badan Bagus dengan Mudah, Sontek 6 Caranya di Sini

Bila enam cara berikut dapat dilakukan dengan baik maka badan bagus tak lagi sekadar mimpi

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak ingin punya badan bagus. Memiliki badan yang bagus, secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan diri orang tersebut.

Pakai baju apa saja, misalnya, akan terlihat cocok dan enak dipandang.

Namun, untuk mendapatkan badan yang bagus, kita dituntut untuk memiliki esktra kesabaran karena hal tersebut tidak bisa diraih dalam waktu satu malam.

Akan tetapi, seorang pelatih kebugaran dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Teuku Aufra Maretto, belum lama ini 'membocorkan' cara-cara agar kita bisa memeroleh badan bagus dengan mudah.

Aufra membagikan ini melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya, @MarettoAufra.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara Mudah Dapatkan Badan yang Bagus

Kamu Mau Ngga Sih Bisa Punya Badan Bagus Dengan Mudah? begitu yang tertulis di lembar pertama unggahannya tersebut.

Sebagai seorang profesional di dunia kebugaran, pertanyaan tersebut cukup sering ditanyakan pengikutnya (followers). Menurut pria yang dijuluki 'suhu' Calisthenics, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan berolahraga.

Olahraganya juga tidak sembarangan. Tidak cukup hanya dengan melakukan gerakan aerobik, seperti berlari, bersepeda, atau sekadar jalan santai. Ada pun aktivitas fisik yang mesti dilakukan supaya badan jadi lebih bagus, yaitu latihan beban.

"Latihan beban seminggu tiga sampai lima kali," tulis Aufra seperti dikutip Health Liputan6.com pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Aufra, menjelaskan, ada banyak pilihan latihan beban yang bisa kita lakukan. Baik yang menggunakan dumbbell atau barbell, maupun memanfaatkan bobot tubuh sendiri atau calisthenics.

Lewat Instagram, pelatih kebugaran pribadi artis Tara Basro dan penulis buku Imperfect Meira Anastasia, banyak mengunggah gerakan-gerakan menggunakan berat badan sendiri yang bisa kita lakukan di rumah.

Mulai dari push up sampai pull up. Merasa belum bisa, jangan takut, Aufra tak pelit ilmu untuk berbagi tips bagi pemula yang mau bisa push up maupun gerakan yang lain.

 

3 dari 7 halaman

Lakukan Terprogram Agar Dapat Hasil yang Maksimal

Lebih lanjut Aufra, menjelaskan, lakukan semua latihan itu dengan terprogram. Dengan begitu, latihan akan optimal dan hasilnya pun maksimal.

"Untuk yang baru memulai, ada dua program favoritku yang dapat digunakan. Coba deh google PHAT sama PHUL," tulisnya.

Nah, buat yang tertarik melakukan calisthenics, Aufra sudah membuat beberapa program latihan di kanal Youtube pribadinya, Inverted Monkey. Pilih salah satu satu, lalu pelajar programnya terlebih dahulu.

 

4 dari 7 halaman

Prinsip Progressive Overload

Dia, menambahkan, jangan lupa mengaplikasikan prinsip progressive overload di setiap program latihan yang kita kerjakan. Ini bertujuan agar tubuh bisa berkembang.

Agar bisa berkembang, kata Aufra, tubuh harus diberi tantangan yang bertahap dengan berkesinambungan.

"Misalkan minggu ini bisa push up 10 kali, minggu depan coba tingkatkan ke 11 kali," katanya.

"Kalau kau tidak menantang tubuhmu secara berkala dan cuma latihan gitu-gitu aja, ya jangan harap badannya bisa bagus," Aufra menambahkan.

 

5 dari 7 halaman

Asupan Makanan Tak Kalah Penting

Membentuk badan menjadi lebih bagus, lanjut Aufra, selayaknya membangun rumah. Apa jadinya jika bangun rumah tapi material seperti batu batanya tidak ada? Begitu juga dengan badan kita.

Menurut Aufra, salah satu penyebab tidak sedikit yang kesulitan membentuk badan adalah karena kurang makan.

"Pastikan kebutuhan protein harian terpenuhi. Setidaknya 1,5 gram per berat badan," katanya.

"Kurangi makan makanan prosesan, perbanyak sayur dan buah," Aufra melanjutkan.

Ingat, tidak berarti kita harus menghilangkan salah satu sumber makanan yang tubuh butuh. Semua harus ada. Karbohidrat, protein, serat, bahkan lemak.

 

Jangan pernah memusuhi sumber karbohirat seperti nasi, karena sumber satu ini berfungsi supaya kita tidak mudah lemas saat berolahraga.

 

6 dari 7 halaman

Tidur Juga Harus Cukup

Tubuh membutuhkan waktu untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk otot. Caranya mudah sekali, yaitu dengan tidur yang cukup. Usahakan tidur kurang lebih delapan jam setiap harinya.

"Kalau enggak bisa di malamnya, tambahkan tidur siang juga boleh," katanya.

"Kurang tidur juga dapat memengaruhi performa latihan, lho," Aufra melanjutkan.

 

7 dari 7 halaman

Konsisten Adalah Kunci

Inilah bagian yang terpenting dari semua poin yang dijelaskan Aufra, konsistensi. Konsisten setidaknya lima tahun.

"Setahun dilakukan dengan rutin saja biasanya sudah mulai kelihatan ada hasilnya, apalagi lima tahun?," katanya.

Gampang, bukan? Apabila kamu merasa ada yang 'aneh' dengan tips yang dia berikan, Aufra hanya mengingatkan,"Kan di depan gue bilang mudah, bukan cepat. Kalau mau yang cepat, ya enggak ada.".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.