Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Penis Terlihat Membesar saat Musim Panas?

Liputan6.com, Jakarta Kaum pria, pernahkah Anda memperhatikan ketika cuaca panas, kelamin Anda terlihat lebih besar? Fenomena ini dikenal dengan 'penis musim panas'. Benarkah suhu tinggi mengubah ukuran penis?

Tapi, jangan samakan kondisi ini dengan sindrom penis musim panas, ketika pria merasakan gatal serta seperti digigit serangga yang menyakitkan di alat kelamin mereka.

Tracy Moore dari MEL Magazine pada tahun 2018 yang pertama kali memperkenalkan istilah 'penis musim panas', dan sejak itu para ahli sepakat itu memang nyata.

Moore berbicara dengan ahli urologi yang berbasis di Orlando Jamin Brahmbhatt tentang fenomena tersebut. Dia menegaskan suhu dapat menyebabkan perubahan, tetapi itu sebenarnya bukan musiman.

"Musim panas atau musim dingin, ukuran penis Anda harusnya tetap sama," kata Brahmbhatt seperti dilansir Mirror.

 

2 dari 2 halaman

Pelebaran Pembuluh Darah

Saat di luar dingin, tubuh berusaha mempertahankan panas internal. Itulah yang membuat penis tampak lebih berkontraksi.

"Pembuluh darah di dekat kulit berkontraksi untuk menjaga panas internal. Namun, pengaturan panas tubuh jenis ini tidak seharusnya memengaruhi ukuran penis Anda secaa keseluruhan," ujar Brahmbhatt

"Saat di luar panas, tubuh Anda mencoba menguapkan panas melalui keringat," tambahnya lagi,

Selain itu, kata Brahmbhatt, cuaca yang panas membuat orang minum banyak air. Ini mungkin dikombinasikan dengan keringat yang membuat tubuh atau kulit tampak membengkak.

"Dan itu mungkin memberi Anda persepsi bahwa segala sesuatunya lebih besar," tegas Brahmbhatt.

Ini menjelaskan bahwa penis tidak benar-benar tumbuh, satu-satunya hal yang berubah saat panas adalah penampilannya di mata Anda.

Sedangkan menurut Dr Dudley Danoff, penulis The Ultimate Guide To Male Sexual Health, penis musim panas ini berkaitan dengan Vasodilatasi, yang merupakan pelebaran pembuluh darah.

Danoff mengatakan, suhu panas dapat menyebabkan pembuluh darah membengkak hingga batasnya dan diisi "secara maksimal" dengan darah, membuat penis yang ereksi tampak 'lebih besar'.

Meskipun pembengkakan mungkin tidak terdengar menyenangkan, dia menambahkan bahwa ini bukan alasan untuk khawatir.