Sukses

Tingkatkan Imunitas Tubuh di Fase New Normal Agar Tidak Mudah Sakit

Liputan6.com, Jakarta Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah terserang penyakit. Di tengah fase New Normal atau tatanan hidup baru dengan virus yang masih ada, menjaga sistem imun mutlak harus diperhatikan. Karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi sistem imun mulai dari aktivitas kerja yang padat, tingkat stres yang bisa naik, polusi udara hingga kurangnya waktu istirahat dan energi yang terkuras karena harus kembali melalui lalu lintas yang padat.

Untuk menjaga sistem imun tetap kuat menangkal virus, selain menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, pola hidup juga harus diperhatikan. Oleh karena itu, pastikan melakukan 5 hal ini selama beraktivitas di ruang publik maupun di rumah;

1. Perbanyak makan sayur dan buah

 

Orang yang rutin mengonsumsi sayuran dan buah terbukti memiliki sistem imun yang lebih baik. Karena di dalam sayuran dan buah terkandung vitamin dan mineral alami yang mampu memperkuat sistem imun. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah brokoli, buncis, bayam, paprika merah, buah sitrus, kiwi, pepaya, stroberi dan jeruk.

2. Jaga kebersihan tangan

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah penularan virus adalah menjaga kebersihan diri, termasuk kebersihan tangan. Begitu pentingnya, aktivitas ini sampai masuk dalam protokol kesehatan. Sebelum dan sesudah melakukan kegiatan biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun Lifebuoy. Lifebuoy mengandung ActivSilver Formula yang mampu memberikan perlindungan terhadap 10 kuman penyebab masalah kesehatan yang berevolusi semakin kuat.

 

Membersihkan tangan dengan sabun cair adalah cara terbaik, namun seiring mobilitas yang tinggi dan keaktifan tangan tidak memungkinkan setiap waktu untuk mencuci tangan dengan sabun. Solusinya adalah dengan menggunakan Lifebuoy Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting yang bisa dibawa kemana-mana. Lifebuoy selalu menjagamu dimana saja dan kapan saja, termasuk ketika kamu bepergian keluar di era new normal ini. Lifebuoy bekerja sama dengan mitra-mitra seperti, Grab, Gojek dan Bluebird untuk memastikan perjalananmu terlindungi dari bakteri dan virus.

 

Lifebuoy Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting adalah hand sanitizer pertama di dunia yang tak hanya mampu membunuh kuman tanpa dibilas air tapi juga dapat mempertahankan sistem imun kulit. Lifebuoy Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting sekarang punya kemasan baru yang lebih simple dan nyaman digunakan serta terdiri dari 3 varian berbeda mulai dari Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting Total10, Lemon Fresh, dan Care.

 

 

Cukup tuangkan beberapa tetes hand sanitizer di tangan dan usapkan pada telapak tangan hingga kering. Hand Sanitizer Immunity Boosting akan menjaga tangan dari kuman sekaligus menutrisi kulit agar tidak kering.

Sementara untuk kebersihan tubuh, Anda bisa mandi menggunakan sabun cair Lifebuoy ActivSilver+ Formula yang mampu melindungi, pertahanan alami kulit dan melawan kuman penyebab masalah kesehatan. Sabun cair Lifebuoy ini mengandung bahan baku yang sudah dipatenkan, ActivSilver+ Formula bersamaan dengan timol aktif sebagai antiseptik alami. Busa lembut dan kaya di Lifebuoy dapat menggapai dalam hingga ke pori-pori, membersihkan secara mendalam dan menghilangkan kuman yang dapat menyebabkan 10 jenis infeksi kulit, dan meninggalkan kulit anda dalam keadaan bersih dan segar.

 

2 dari 2 halaman

3. Cukup Istirahat

Istirahat cukup adalah kunci penting untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Bila cukup tidur dan istirahat, tubuh seseorang akan mampu memproduksi antibodi yang lebih baik untuk menangkal virus. Selain itu, kecukupan tidur juga akan memberikan energi dan daya fokus yang lebih untuk beraktivitas. Jangan hanya fokus mencukup waktu tidur 7-9 jam, Anda juga perlu tidur pada waktunya. Jangan selalu begadang yang membuat tubuh rentan terkena penyakit.

4. Rutin berolahraga

 

Rugi sekali kalau meninggalkan aktivitas ini. Tubuh perlu bergerak untuk memaksimalkan fungsinya dan olahraga adalah cara mudah yang bisa dilakukan. Gratis, tidak harus keluar uang, hanya perlu kemauan. Tak hanya penting untuk memperkuat sistem imun, manfaat olahraga juga besar sekali untuk memperlancar aliran darah, memperkuat sel-sel tubuh, meningkatkan risiko penyakit jantung, menurunkan kolesterol, serta meningkatkan kinerja otak.

Menurut pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), orang dewasa yang sehat harus melakukan setidaknya 150 menit olahraga ringan setiap minggu mencakup kegiatan seperti berjalan kaki, yoga atau berkebun. 

5. Buang pikiran negatif

Tubuh yang sehat berasal dari jiwa dan pikiran yang sehat. Oleh karena itu bebaskan diri Anda dari hal-hal negatif yang membuat pikiran menjadi stres. Jangan terlalu cemas dan khawatir terhadap situasi saat ini, selama Anda sudah melaksanakan protokol kesehatan dan pola hidup yang baik yakinlah bahwa Anda akan baik-baik saja.