Sukses

Kombinasi 3 Bahan Herbal untuk Memperlancar ASI

Liputan6.com, Jakarta Ada tiga kombinasi bahan herbal yang membuat Air Susu Ibu (ASI) menjadi lancar keluar. Dalam hal ini, bahan herbal yang terkandung dalam produk ASI Booster HerbaAsimor sudah diuji klinis dan ilmiah.

Executive Director Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS) PT Dexa Medica Raymond Tjandrawinata menjelaskan, produk herbal ASI Booster ini dibuat dari ekstrak daun katuk, ikan gabus, dan daun torbangun.

"Indonesia ini kan kaya biodiversitas alamnya. Kami memanfaatkan bahan-bahan herbal untuk meningkatan produksi ASI," ujar Raymond saat Launching Virtual HerbaAsimor, ditulis Jumat (24/4/2020).

Ia menyebut, produk pelancar ASI herbal tersebut termasuk bagian dari produksi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI). Riset ilmiah juga sudah dilakukan sehingga aman diminum para ibu menyusui.

"Kami meneliti ekstraksi daun katuk, ikan gabus, dan daun torbangun. Ternyata ketiganya bermanfaat sekali untuk meningkatkan produktivitas ASI," lanjut Raymond.

 

2 dari 4 halaman

Percepat Pemulihan Pasca Melahirkan

Ekstraksi daun katuk, ikan gabus, dan daun torbangun punya manfaat besar bagi ibu menyusui. Kandungan striatin, yang merupakan fraksi bioaktif dari Channa striata atau ikan gabus dapat meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin sehingga produksi ASI meningkat. 

"Kedua hormon ini memang berperan penting dalam proses menyusui sehingga dapat meningkatkan produksi ASI," Raymond melanjutkan.

"Daun katuk dan torbangun mengandung steroid yang dapat meningkatkan kadar prolaktin dan aktivitas sel epitel serta metabolisme kelenjar susu. Jadi produksi ASI bisa meningkat 5 persen."

Manfaat lain dari kombinasi tiga bahan herbal di atas membantu mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar, mempercepat pemulihan dan kekuatan wanita pasca melahirkan, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

 

3 dari 4 halaman

Aman Dikonsumsi Ibu Menyusui

Raymond menambahkan, produk herbal pelancar ASI besutan perusahaannya aman dikonsumsi ibu menyusui. Anggapan ikan gabus dapat memperlambat proses penyembuhan pasca melahirkan caesar keliru.

"Kami sudah uji klinis. Sejauh ini enggak sih efek samping penggunaan herbal ASI ini. Jadi, kita enggak perlu khawatir kalau mengkonsumsi ASI Booster herbal, aman dikonsumsi," tambahnya.

"Untuk anggapan soal ikan gabus, saya pikir tidak tepat. Kandungan yang ada dalam ekstrak ikan gabus bisa meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin sehingga produksi ASI meningkat juga mempercepat proses penyembuhan setelah operasi caesar.

"Konselor ASI Ameetha Drupadi juga menyebut, tiga bahan alami yang telah diteliti secara ilmiah, yakni daun katuk, ikan gabus, dan daun terbangun sangat direkomendasikan untuk produksi ASI.

“Menurut penelitian, ikan gabus merupakan ikan air tawar yang dapat memberikan nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan anak. Daun katuk direkomendasikan karena terbukti meningkatkan produksi ASI," terangnya.

"Daun torbangun yang tinggi kadar zinc, zat besi, kalium, dan magnesium dapat berpengaruh dalam meningkatkan berat badan bayi."

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: