Sukses

Kiat Cegah Penularan Virus Corona di Rumah Ibadah

Sederet kiat mencegah penularan virus corona di masjid dan musala.

Liputan6.com, Jakarta Mencegah penularan Virus Corona (COVID-19), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo mengimbau kepada umat muslim supaya membawa sajadah atau alas sujud lainnya secara mandiri. Apalagi ketika hendak salat di masjid dan musala.

Upaya tersebut sebagaimana yang dianjurkan oleh Dewan Masjid Indonesia. Tujuannya menghindari potensi penularan Virus Corona, kuman atau bakteri jahat lain yang dapat merugikan tubuh saat melakukan salat, khususnya saat sujud.

“Kita semua tahu, saat sujud, mulut dan hidung bersentuhan dengan tempat sujud (sajadah atau alas lain). Kalau ada orang yang kena penyakit, virusnya nempel. Satu jam kemudian, kalau ada yang salat di tempat yang sama ya bisa menular,” jelas Doni melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (8/3/2020).

Potensi penularan Virus Corona dari tempat sujud umat muslim saat salat di masjid dan musala bisa terjadi. Oleh karena itu, Doni meminta umat muslim selalu membawa perlengkapan salat secara mandiri dan tidak perlu khawatir.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Kebersihan

Untuk lebih meningkatkan kenyamanan dan keamanan saat beribadah di masjid atau musala, petugas dewan masjid bersama takmir masjid juga diimbau selalu melakukan sanitasi siaga dengan upaya, sebagai berikut:

1. Menjaga kebersihan lantai masjid/musala dengan cairan desinfektan.

2. Menjaga kebersihan karpet dan alas salat secara rutin/konstan menggunakan vacum cleaner/alat pembersih lain sangat dianjurkan.

3. Meminta jamaah yang sedang batuk, demam dan mengalami gejala seperti flu agar beribadah di rumah hingga sembuh.

4. Menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan desinfektan.

5. Ikut mengawasi penyebaran/penularan virus COVID-19 dan tanggap dengan melaporkan apabila ada masyarakat yang dicurigai terdampak di lingkungan masjid/musala.

Hal paling penting lain yang juga harus diketahui, menjaga imunitas tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

“Imun tubuh yang dijaga dengan baik melalui kegiatan olahraga, makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, menghindari stres, dan pikiran tenang menjadi modal kuat untuk memerangi virus corona dan penyakit lain,” tutup Doni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.