Sukses

Aktris Son Ye Jin Sumbang 1,17 M untuk Atasi Wabah Virus Corona

Aktris Korea Selatan, Son Ye Jin menyumbangkan 100 juta won (sekitar 1,17 miliar rupiah) untuk memerangi wabah virus corona di Korea Selatan

Liputan6.com, Jakarta Aktris Korea Selatan, Son Ye Jin, menyumbangkan 100 juta won (sekitar 1,17 miliar rupiah) untuk memerangi wabah virus corona di Korea Selatan pada Kamis (27/2). 

Mengutip laman Soompi, pemeran utama drama Crash Landing On You tersebut menyumbangkan uangnya ke cabang Daegu Community Chest of Korea.

"Daegu adalah kampung halaman saya, tempat saya dilahirkan dan dibesarkan, serta tempat tingga orang tua saya sekarang. Jadi itu (Daegu) adalah tempat yang sangat istimewa bagi saya dan berita (wabah COVID-9) di Daegu sangat memilukan bagi saya," katanya.

"Saya harap (sumbangan saya) dapat memberikan semacam bantuan praktis kepada penduduk berpenghasilan rendah yang sangat membutuhkan bantuan sekarang lebih dari sebelumnya, serta bantuan dalam perawatan dan pencegahan COVID-19," katanya.

Donasi Son Ye Jin dilaporkan akan digunakan untuk membantu penduduk Daegu mendapatkan pasokan medis dan dukungan yang diperlukan untuk pencegahan penyebaran COVID-19.

Selain Son Ye Jin, sejumlah artis/idol Korea ternama juga turut menyumbang, baik dalam bentuk uang ataupun masker wajah.

Di antaranya ada Gong Yoo, IU, Suzy, Kim Woo Bin, Park Seo Joon, Sunmi, Ahn Jae Wook, Park Hae Jin, Park Bo Young, ASTRO Cha Eun Woo, Girl's Day Hyeri, Kim Go Eun, Song Jong Ki dan lainnya.

Pada tanggal 26 Februari, Sunmi, penyanyi solois, mem-posting screenshot donasinya sebesar 10 juta won (setara dengan 115 juta rupiah) di akun Instagramnya dengan caption, "Saya mendonasikan melalui Hope Bridge Disaster Relief Association. Mohon perhatikan juga keselamatan tim medis."

Aktor Park Hae Jin, pemeran utama film Cheese in the Trap, juga turut menyumbangkan 500 kacamata sekali pakai dan 1000 masker ke staf MBC drama Old School Intern. Ia juga memfilmkan video keselamatan tentang prosedur yang tepat sehubungan dengan COVID-19 dan menyumbangkan semua biaya penampilan dan biaya produksinya.

Lalu Kim Woo Bin menyumbangkan 100 juta won untuk warga terdampak. Selain itu, ada Kim Soo Hyun, aktris sejumlah drama dan film populer, yang belum lama menamatkan drama The Tale of Nokdu ini turut menyumbang 10 juta won ke Hope Bridge Korea Disaster Relief Association. Sumbangannya ini akan digunakan untuk membeli perlengkapan kebersihan dan hand sanitizer.

Lalu Kim Jae Dong dan organisasi sukarelawannya mendonasikan ramen dan kimchi ke warga yang terdampak penghentian makanan gratis, bersama dengan hand sanitizer untuk orang difabel.

Sedangkan aktris Kim Hye Eun mendonasikan 50 juta won (setara dengan 575 juta rupiah) ke NGO Korea Food for the Hungry International (KFHI). Donasinya ini akan digunakan untuk menyediakan masker dan kebutuhan sehari-hari bagi anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah yang terhubung dengan kelompok dukungan anak nasional dan komunitas anak pusat.

"Ada banyak orang yang tidak mampu membeli masker karena terlalu sibuk dengan kebutuhan sehari-harinya," ujarnya.

Selain itu, B.I eks iKON, idol yang mendonasikan 100.000 masker. Komedian Kang Ho Dong juga turut menyumbang 100 juta won ke anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah. Menurutnya, anak-anak harus yang paling diutamakan untuk dilindungi saat ini dan mengharapkan akan segera tiba saat anak-anak dapat berlarian dengan aman lagi.

Suzy mendonasikan 100 juta won ke NGO Good Neighbors untuk membantu keluarga berpendapatan rendah, mengutip dari Newsen.

Menurut OSEN, Gong Yoo mendonasikan 100 juta won ke Community Chest of Korea di bawah nama aslinya Gong Ji Chul dan ia berharap donasinya dapat membantu otoritas karantina dan staf medis serta mencegah penyebaran COVID-19 kepada masyarakat.

Sampai saat ini, terdapat 43 selebritas yang turut serta berdonasi dan telah mengumpulkan lebih dari 2,5 miliar won (setara dengan 28,77 miliar rupiah).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih dari 2 ribu orang terinfeksi Virus Corona

Hingga Jumat pagi (28/2), wabah COVID-19 masih terus bertambah dengan pesat di Korea Selatan. Sudah ada 2.022 kasus dan 13 orang kematian, serta 18 orang dalam keadaan kritis, menjadikannya daerah terdampak terbesar kedua setelah China (78.832 kasus dan 2.788 kematian).

Virus Corona COVID-19 saat ini memang tengah menghantui semua orang. Apalagi di Korea Selatan. Melonjaknya angka yang terpapar membuat sebagian masyarakat ikut panik.

Terlebih setelah pemerintah Korea Selatan meningkatkan status kewaspadaan menjadi “Red Alert” dan ditetapkannya wilayah Daegu dan Gyeongsangbuk-do sebagai “Special care zones” karena lonjakan angka tersebut.

Menyikapi hal ini, KBRI Seoul menyatakan memberlakukan langkah tambahan guna mencegah penyebaran Virus Corona COVID-19. 

"Makin meningkatkan upaya Pelindungan WNI di Korea Selatan yang tercatat berjumlah 37.043 orang. KBRI terus menyebarkan berbagai informasi penting mengenai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pencegahan virus COVID-19," jelas pihak KBRI Seoul dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Selasa (25/2/2020).

Hal ini dilakukan baik secara langsung maupun dengan berkoordinasi bersama simpul-simpul dan tokoh masyarakat mitra KBRI, paguyuban kedaerahan, mahasiswa, juga kelompok keagamaan seperti Jamaah Masjid Indonesia dan juga Jamaat Gereja Indonesia.

"Secara khusus KBRI juga secara langsung menelepon sebagian mahasiswa dan masyarakat Indonesia lainnya di daerah yang terdampak paling parah, yaitu di Daegu dan Gyeongsangbuk-do," ucap pihak KBRI Seoul.

Hal ini, menurut KBRI Seoul, dilakukan untuk mengetahui secara langsung keadaan mereka, ketersediaan makanan, dan masker kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.