Sukses

Lelah Bekerja? 6 Peregangan Ini Patut Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Jika pekerjaan terasa belum tuntas, pastinya Anda enggan beranjak dari meja kerja. Oleh karena itu, sering kali beberapa orang mengeluhkan sakit punggung ataupun pinggang karena duduk dalam waktu lama.

Namun, Anda dapat meminimalkan rasa sakit tersebut dengan melakukan peregangan sederhana. Oleh karena itu, perhatikanlah penjelasan di bawah ini mengenai peregangan-peregangan apa saja yang dapat dilakukan selama bekerja:

1. Peregangan Leher

Memiringkan kepala untuk membangunkan otot-otot di leher bisa menjadi cara yang terbaik untuk mengurangi ketegangan karena menatap layar komputer sepanjang hari. Putar kepala Anda dengan perlahan, pertama di satu arah dan kemudian di arah lainnya. Hal ini seperti yang dilansir dari Bustle.

2. Peregangan Bahu

Untuk membuat bahu Anda rileks, rentangkan lengan kiri ke arah kanan tubuh Anda. Gunakan lengan kanan untuk menahannya di depan dada. Kemudian, Anda dapat melakukan hal yang sama pada lengan kanan Anda.

2 dari 4 halaman

3. Berpose Seperti Hewan Berkaki Empat

Pose ini dapat meluruskan tulang belakang Anda dan membantu Anda untuk meningkatkan ekstensi dan fleksi di punggung. Anda dapat mulai dengan posisi seperti merangkak dan dapat melengkungkan punggung ke bawah dengan mengangkat kepala atau sebaliknya. Penjelasan ini sesuai dengan lansiran dari Lifehack.

4. Putar Tulang Belakang

Anda dapat melakukan gerakan ini dengan posisi duduk. Sejajarkan lutut satu sama lain, letakkan tangan kiri di lurut kanan dan putar seluruh tubuh bagian atas ke kanan. Tahan, lalu putar kembali. Anda dapat mengulangi gerakan ini pada sisi lainnya. Hal ini dapat membuat tulang belakang Anda fleksibel.

3 dari 4 halaman

5. Pergelangan Pergelangan Tangan

Pastinya Anda telah menghabiskan waktu seharian untuk mengetik. Oleh karena itu, Anda dapat berdiri dan meletakkan pergelangan tangan di atas meja dengan memberikan tekanan selama beberapa detik hingga Anda merasakan pereganganan.

6. Melatih Keseimbangan

Ketika Anda menghabiskan sepanjang hari untuk duduk di depan layar komputer, Anda bisa kehilangan banyak mobilitas dan keseimbangan. Anda dapat menggunakan meja untuk menopang tubuh dengan melakukannya sambil berdiri dengan menganggat satu kaki. Anda dapat mengangkat kaki setinggi-tingginya dan menekuknya. Lakukan hal tersebut selama beberapa detik dan ulangi pada kaki lainnya.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pulang Kerja Tepat Waktu Bikin Hidupmu Lebih Bahagia, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
3 Trik Pertahankan Karir Saat Merasa Kurang Motivasi