Sukses

4 Bahan Alami yang Bantu Atasi Depresi

Rasa cemas dan depresi menjadi semakin sering diperbincangkan karena orang-orang semakin paham dan berani mengangkat isu kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Rasa cemas dan depresi menjadi semakin sering diperbincangkan karena orang-orang semakin paham dan berani mengangkat isu kesehatan mental.

Antidepresan merupakan obat yang sering diresepkan untuk mengurangi gejala penyakit mental. Obat ini memang memperbaiki keseimbangan kimia di otak dan neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk suasana hati dan perilaku. Namun pada beberapa kasus, orang menjadi kecanduan antidepresan.

Perlu Anda ketahui, ada beberapa makanan dan mineral yang memiliki manfaat sama sebagaimana cara kerja antidepresan. Jika Anda mengalami masalah kesehatan mental, Anda boleh mencoba bahan-bahan di bawah ini untuk mengurangi gejala dan menjadi lebih baik. Berikut ulasannya, dilansir dari IndiaTimes.

1. Kunyit

menurut beberapa ahli, kunyit mampu mengobati penyakit mental dan mengurangi risikonya. Peneliti masih memerlukan penelitian lanjut untuk membenarkan keefektivan kunyit dalam mengobati depresi dan kecemasan.

Sebaikya tetap konsultasikan hal ini dengan dokter sebelum menambahkan kunyit dalam menu makan siang Anda. Karena makan terlalu banyak pasti akan memiliki efek samping.

2. Lavender

Minyak aroma lavender mampu mengurangi stres dan kecemasan, serta mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Menghirup aroma lavender mampu mengurangi risiko masalah kesehatan mental.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Folat

Studi menunjukkan adanya hubungan antara rendahnya kadar asam folat dan depresi. Ambil 500 mikrogram asam folat sehari juga berhubungan dengan peningkatan kondisi mental.

Satu cara mudah memenuhi kebutuhan asam folat yaitu dengan mengonsumsi makanan yang kaya folat setiap hari. Adapun makanannya yaitu kacang-kacangan, buncis, sayuran berdaun hijau gelap, biji bunga matahari, alpukat dan biji yang diperkaya.

4. Zinc

Studi menemukan hubungan antara zinc dan fungsi mental seperti belajar dan perilaku. Rendahnya kadar zinc dalam darah berhubungan dengan kecemasan dan depresi, menurut Biological Psychiatry.

Berdasarkan Nutrition Neuroscience, tubuh membutuhkan 25 miligram zinc setiap hari selam 12 hari untuk mengurangi gejala depresi. Memenuhi kebutuhan harian zinc akan meningkatkan asam lemak omega 3 dalam tubuh.

Zinc sangat mudah didapatkan dari bahan makanan sehari-hari, misalnya daging merah, seafood, kacang-kacangan, biji-bijian, sayur bayam, jamur, bawang putih, kuning telur, dark chocolate, yogurt, keju swiss, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.