Sukses

6 Manfaat Menakjubkan Yogurt yang Belum Anda Ketahui

Tak dapat dimungkiri, yogurt merupakan salah satu minuman fermentasi yang banyak digemari. Berikut ini adalah manfaat yogurt bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Yogurt merupakan produk susu yang dibuat berdasarkan hasil fermentasi. Dengan rasanya yang segar, yogurt banyak digemari oleh setiap usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Yogurt dengan kandungan yang kaya akan kalsium dan protein, baik untuk kesehatan tubuh, di antaranya dapat membantu Anda meningkatkan bakteri usus yang sehat. Di bawah ini juga merupakan manfaat mengonsumsi yogurt yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Mempercantik Gigi

Tentu saja hal ini dapat menjadi solusi bagi seseorang yang gemar minum kopi. Kebiasaan minum kopi, akan mengakibatkan kondisi gigi yang buruk. Asam laktat yang dikandung yogurt dianggap memiliki efek yang positif dalam melindungi gusi dan gigi Anda dari kerusakan di masa depan. Hal ini seperti yang dilansir dari Lifehack.

2. Mengurangi Gejala Alergi

Jika Anda menderita alergi musiman, tentunya akan sulit melakukan apa pun di luar ruangan. Anda dapat mengonsumsi secangkir yogurt karena kandungan probiotiknya dapat menurunkan reaksi Anda terhadap serbuk sari dan alergen lainnya.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mencegah Flu

Pastinya Anda sering menderita flu, tetapi kali ini Anda dapat mencegahnya. Yogurt memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Yogurt telah terbukti dapat membuat sel-T, sel yang melawan infeksi, menjadi lebih kuat dan lebih aktif.

4. Membuat Perut Menjadi Rata

Penelitian dari University of Tennessee, Knoxville, Amerika Serikat, mengemukakan bahwa yogurt dapat mempertahankan penurunan berat badan. "Lemak di pinggang Anda menghasilkan hormon kortisol yang dapat memberi tahu tubuh Anda untuk menumpuk lebih banyak lemak perut," kata profesor nutrisi, Michael Zemel, Ph.D.

Manfaat kalsium dalam jumlah yang besar pada yogurt dapat memberi sinyal pada sel-sel lemak Anda untuk memompa lebih sedikit kortisol sehingga memudahkan Anda menurunkan berat badan. Selain itu, asam amino dalam yogurt dapat membantu proses pembakaran lemak tubuh Anda. Penjelasan ini sesuai lansiran dari Shape.

3 dari 3 halaman

5. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Dengan pola makan mengonsumsi lebih dari dua kali jumlah garam yang direkomendasikan, Anda bisa saja menyebabkan hipertensi dan penyakit ginjal serta jantung. Kalium dalam yogurt dapat membantu Anda menyingkirkan kelebihan natrium dari tubuh Anda.

Dalam sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition, orang dewasa yang mengonsumsi susu paling rendah lemak memiliki kemungkinan 54% lebih rendah untuk mengalami tekanan darah tinggi daripada mereka yang sedikit mengonsumsinya.

6. Membantu Anda Merasa Kenyang Lebih Lama

Protein yang dikandung yogurt, dapat membantu Anda mengurangi rasa lapar. Hal ini berdasarkan hasil sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Appetite. Seseorang yang mengonsumsi yogurt dengan jumlah protein tertinggi mengaku merasa lebih kenyang dan tidak merasa lapar sampai hampir satu jam lebih lambat dari seseorang yang mengonsumsi yogurt yang rendah protein.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.