Sukses

5 Makanan Tak Terduga yang Bikin Gigi Retak

Liputan6.com, Jakarta Pada gigi yang sehat mengonsumsi makanan keras mungkin tak jadi masalah. Namun, pada gigi sudah agar rapuh mengonsumsi makanan kerasa bisa membuat gigi retak.

Lalu, pada bagian gigi posterior atau belakang lebih rentan bila mengonsumsi sesuatu yang keras.

"Gigi posterior (premolar dan molar) lebih rentan retak karena tidak sengaja menggigit suatu hal keras seperti tulang," terang Chan Pei Yuan, konsultan di National Dental Centre Singapore’s Department of Restorative Dentistry dilansir dari Channel News Asia.

Ada beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata bisa membuat gigi retak. Apa saja?

1. Batu pada Nasi

"Kecelakaan ketika mengunyah, seperti ketika seseorang tidak sengaja menggigit sesuatu yang keras ketika makan bisa berujung pada keretakan," ungkap Chan.

"Hal ini kadang bisa disebabkan karena batu kecil yang terdapat pada nasi atau sayuran," sambungnya.

Untuk mengatasi masalah ini, makan dalam suapan yang lebih kecil. Selain itu bisa untuk mengunyah lebih perlahan untuk mencegah munculnya masalah ini.

 

2 dari 4 halaman

2. Kerupuk dan Keripik

Gigi merupakan organ tubuh yang cukup kuat dan tangguh. Faktanya, gigi juga merupakan organ tubuh paling keras di dalam tubuh manusia.

Walau cukup kuat, email gigi juga merupakan organ tubuh yang rentan. Kerupuk atau atau keripik yang kamu konsumsi bisa menjadi masalah terkait munculnya retak di gigi. Ketika mengonsumsi makanan keras ini, sebaiknya mengunyah secara perlahan dan dalam gigitan kecil.

3. Permen yang Lengket

Permen atau cokelat manis yang lengket dan kenyal bisa menjadi masalah dan menimbulkan retak di gigi. Permen yang lengket di gigi bisa melemahkan kondisi gigi sehingga memperlemah kondisinya.Untuk menghindari masalah ini, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi permen yang cukup keras. Hanya saja pastikan untuk tidak menggigit permen itu karena bisa menimbulkan dampak buruk yang sama.

 

3 dari 4 halaman

4. Popcorn

 

Popcorn memang tidak memiliki tekstur yang keras, namun di dalamnya bisa menyimpan bahaya tersendiri. Hal ini terutama ketika kamu tak sengaja menggigit biji jagung yang belum menjadi popcorn.

Bahaya yang terdapat dari popcorn ini setara dengan risiko yang muncul dari nasi. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengunyahnya dengan lebih perlahan dan terhindar dari menggigit biji jagung secara tidak sengaja.\

5. Kacang Campur

Sebungkus kacang campur bisa menimbulkan bahaya bagi gigi karena perbedaan keras dan lunaknya. Pada campuran kacang ini terdapat jenis lebih keras seperti kenari dan almond yang bakal sulit untuk digigit.

Terdapat bahaya lain juga seperti kulit kacang yang tercampur dan menyebabkan retak di gigi. Sama seperti cara lainnya, kamu disarankan untuk makan lebih hati-hati dan perlahan agar terhindar dari masalah ini.

Keretakan yang terjadi di gigi ini bisa disebabkan oleh kebiasaanmu yang makan secara terburu-buru. Cara utama untuk menghindarinya adalah dengan makan secara lebih perlahan.

Penulis: Rizky Wahyu P/Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Makan Nasi Putih Lebih dari 4 Centong Berisiko Resistensi Insulin
Artikel Selanjutnya
Nasi Merah dan Shirataki Paling Tren Dicari Orang Indonesia pada 2019