Sukses

3 Cara Atasi Migrain Tanpa Obat

Salah satunya dengan terapi relaksasi, bisa membantu meredakan serangan migrain tanpa perlu mengonsumsi obat.

Liputan6.com, Jakarta Minum obat adalah cara yang biasa ditempuh oleh kebanyakan orang untuk meredakan migrain atau sakit kepala sebelah. 

Menurut profesor neurologi Mayo Clinic yang juga aktif di American Headache Society, David W. Dodick, MD, wanita berusia 18 hingga 55 tahun tiga kali lebih berisiko mengalami migrain daripada pria. Ini disebabkan oleh kadar estrogen pada wanita yang berfluktuasi dan semua siklus yang dapat mengubah estrogen seperti menstruasi, kehamilan, laktasi, dan menopause.

“Estrogen bisa punya efek yang mendalam pada otak, terutama area otak yang memproses gejala serangan migrain, “ kata Dodick.

Jika tak ingin bergantung pada obat-obatan, migrain dapat diatasi dengan menggunakan cara-cara alami. Dilansir dari Women’s Health, berikut sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk meredakan migrain tanpa menggunakan obat.

1. Coba terapi relaksasi

Terapi biofeedback adalah teknik terapi relaksasi yang dapat membantu mengatasi migrain. Sebagai alteratif non obat, berlatih teknik terapi biofeedback yang membuat proses fisiologis tubuh terkelola dengan baik dapat mengurangi efek samping migrain dan laju serangan migrain berkurang.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Konsumsi Suplemen

Suplemen dari ekstrak tanaman yang mengandung magnesium dan riboflavin telah terbukti mampu dapat mengurangi frekuensi serangan migrain. Riboflavin sendiri dapat dengan cepat dikeluarkan oleh tubuh sehingga bisa dikonsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Tetap tanyakan pada dokter sebelum membeli suplemen yang dijual bebas. 

3. Olahraga

Bagi beberapa orang yang menderita migrain, bergerak berlebihan malah dapat memicu migrain. Tetapi, sebagian orang, bergerak dan melakukan beberapa latihan justru dapat menghilangkan rasa sakit.

“Olahraga secara teratur telah terbukti sebagai cara yang cukup efektif untuk mencegah migrain,” terang Dodick.

 

 

Penulis: Winda Nelfira

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.