Sukses

Gigi Palsu Tersangkut 8 Jam di Tenggorokan Lansia Tiongkok

Liputan6.com, Jakarta Zhu Benbiao tak sengaja menelan gigi palsunya. Kondisi itu membuat pria 75 tahun itu nyaris meninggal dunia.

Keluarganya segera membawa Benbiao ke sebuah rumah sakit di Fuzhou, provinsi Fujian, Tiongkok. Mereka tidak tahu bahwa kesulitan napas dan makan yang diderita lansia itu karena menelan gigi palsu.

"Inspeksi dengan endoskopi mengungkapkan adanya gigi palsu yang tersangkut di samping trakea dan kerongkongannya," kata kepala spesialis pencernaan rumah sakit tersebut, dokter Chen Zeyu seperti dikutip dari The Sun pada Rabu (13/11/2019).

Diyakini, Benbiao tak sengaja menelan sederet gigi palsu itu saat sedang makan. Namun, dia dan keluarganya tidak sadar hingga mulai terlihat gejala kesulitan bernapas.

2 dari 3 halaman

Bisa Meninggal Jika Tak Diangkat

Petugas medis segera melakukan operasi darurat yang berlangsung hingga empat jam. Mereka membuka tenggorokannya dan pasien diberikan bantuan pernapasan untuk kemudian mengeluarkan benda tersebut.

"Kami membuka tenggorokannya, membuatnya bernapas dengan bantuan tabung dan kemudian melepaskan gigi palsu itu dengan menariknya dari glotis," kata Zeyu menjelaskan.

"Itu sulit, tetapi akhirnya kami berhasil mengeluarkannya," Zeyu menambahkan, seperti dikutip dari Fox News.

Dokter mengungkapkan bahwa gigi palsu itu sudah berada dalam tenggorokan Benbiao selama delapan jam. Jika tidak segera dikeluarkan, pensiunan ini bisa meninggal karena sesak napas.

Usai pengangkatan, Benbiao dirawat di rumah sakit tersebut.

3 dari 3 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Asyik Makan Pancake, Lansia Tiongkok Tak Sadar Telan Gigi Palsu