Sukses

Pertama Kali, Kasus Penularan DBD Lewat Hubungan Seks Ada di Spanyol

Kasus ini menjadi kejadian penularan DBD lewat hubungan seks yang pertama kali terjadi di dunia

Liputan6.com, Jakarta Pertama kali dalam sejarah, sebuah kasus demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan lewat hubungan seks terjadi. Kejadian tersebut dikonfirmasi oleh otoritas kesehatan Spanyol pada Jumat pekan lalu.

Susana Jimenez dari Departemen Kesehatan Madrid mengungkapkan bahwa kasus tersebut terjadi pada seorang pria berusia 41 tahun. Dia diketahui terkena DBD usai berhubungan seks dengan pasangannya, yang diketahui terkena gigitan nyamuk saat berada di Kuba.

Dokter sempat kebingungan ketika memeriksa pasien tersebut. Apalagi, dia tidak pernah bepergian ke negara di mana penyakit itu terjadi.

"Analisis sperma mereka dilakukan dan itu mengungkapkan bahwa dia tidak hanya menderita demam berdarah tapi juga memiliki virus yang sama seperti berada di Kuba," kata Jimenez seperti dikutip dari Straits Times pada Senin (11/11/2019).

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengalami Demam dan Nyeri

Dikutip dari Telegraph, pasien mengalami beberapa gejala demam berdarah seperti demam tinggi dan nyeri pada tubuhnya.

"Pasangannya menunjukkan gejala yang sama hanya lebih ringan sekitar sepuluh hari sebelumnya, dan dia diketahui mengunjungi Kuba dan Republik Dominika," kata Jimenez.

Jimenez mengungkapkan, kasus penularan demam berdarah dari hubungan seks antara pria dan wanita menjadi sebuah subyek penelitian di Korea Selatan. Namun, kondisi tersebut belum terkonfirmasi.

Kepada AFP, European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC) di Stockholm menyatakan bahwa penularan seksual DBD tersebut adalah pertama kalinya di antara hubungan seks sesama jenis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.