Sukses

Ditanya Soal Bocoran Nama Menkes yang Baru, Nila Moeloek: Belum Tahu

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Kabinet Kerja Jilid I 2014-2019, Nila Moeloek hingga Senin (21/10/2019) siang belum mengetahui sosok yang bakal menggantikan posisinya. Dia juga mengatakan belum mendengar bocoran mengenai sosok menteri kesehatan yang baru.

"Belum (tahu) sama sekali," kata Nila saat perpisahan bersama wartawan kesehatan di rumahnya kawasan Patra Kuningan Jakarta.

"Kalian ada yang tahu?" tanya Nila ke wartawan kesehatan.

Mengenai baju putih dipadukan dengan celana jeans yang Nila kenakan hari ini tidak terkait dengan dirinya bakal kembali membantu Presiden Joko Widodo kembali. Menurutnya, sudah lama ia tidak mengenakan setelan santai seperti itu.

"Oh enggak.... Boleh dong, ya," jawabnya santai.

Selama lima tahun terakhir, kata Nila, dia tidak mengenakan atasan putih. Saat kunjungan kerja saat menjabat sebagai menteri kesehatan biasanya memakai batik. 

2 dari 3 halaman

Harapan untuk Menkes yang Baru

Di kesempatan santai tersebut, Nila juga berpesan kepada sosok yang bakal menjabat sebagai menteri kesehatan yang baru. Salah satunya untuk tetap melanjutkan program PIS-PK dan memperbaiki JKN.

PIS-PK adalah Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Program ini menurut merupakan sebuah upaya deteksi dini dengan peran pro aktif petugas kesehatan mendatangi keluarga-keluarga untuk melakukan pemeriksaan, edukasi, dan pendataan dengan indikator yang ada, terkait status kesehatan masyarakat.

Pekerjaan rumah terkait penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menurutnya juga perlu menjadi sorotan. "JKN ini persoalan yang tidak mudah," kata Nila.

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Lepas Jabatan Menkes, Nila Moeloek Kini Bisa Sarapan Bersama Suami
Artikel Selanjutnya
Doa Menkes Terawan untuk Nila Moeloek Saat Malam Pisah Sambut