Sukses

Lebih dari 20 Orang Anggota Klub Golf Tertular Hepatitis A

Liputan6.com, Jakarta Wabah hepatitis A secara tiba-tiba menyerang para anggota di sebuah klub golf eksklusif di Mendham Township, New Jersey, Amerika Serikat.

Departemen Kesehatan New Jersey mengungkapkan setidaknya ada 23 pasien, termasuk di dalamnya satu orang yang dalam kondisi parah. Pemeriksaan menunjukkan bahwa mereka kemungkinan terpapar sekitar bulan Juni, namun tidak diketahui hingga awal Juli lalu.

Depkes juga menyatakan kemungkinan penyakit hepatitis A ini awalnya menginfeksi seorang pekerja pengolah makanan. Mereka mengatakan bahwa pekerja itu telah dikeluarkan dan diperiksa lebih lanjut.

"Ulasan dari pengolah makanan lainnya untuk vaksinasi dan bukti kekebalan sedang dilakukan," tulis Depkes New Jersey dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Fox News pada Seniin (19/8/2019).

2 dari 3 halaman

Potensi Penularan pada Anggota Lain

Otoritas setempat meminta agar mereka yang berkontak dengan pekerja terinfeksi harus segera diidentifikasi dan diberikan profilaksus untuk mencegah penyakit.

Selain itu, para tamu yang juga makan malam di klub tersebut juga diminta untuk melaporkan ke pihak terkait.

"Pemberitahuan ini juga merekomendasikan bahwa mereka yang makan malam di klub saat pengolah makan berpotensi terinfeksi, harus menerima profilaksis pasca paparan," ujar Depkes setempat.

Seperti dikutip dari NJ Larry Ragones, juru bicara Morris County Office of Health Management menambahkan bahwa pekerja yang terinfeksi telah dibawa ke rumah sakit.

"Segera setelah rumah sakit memberitahu negara bagian dan negara bagian mengirimkan pemberitahuan lewat sistem mereka, informasi itu datang ke Mendham Township dan petugas kesehatan mereka," kata Ragones.

3 dari 3 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Hari Hepatitis Sedunia: Kenali Fakta Seputar Hepatitis A
Artikel Selanjutnya
Jangan Khawatir, Hepatitis A Dapat Disembuhkan