Sukses

Anak dengan Kanker Harus Terbebas dari Malanutrisi

Liputan6.com, Jakarta - Permasalahan malanutrisi juga menghantui anak dengan penyakit tidak menular seperti kanker.

Dokter spesialis anak konsultan dari RS Kanker Dharmais, Mururul Aisyi, menjelaskan bahwa saat ini angka kejadian kanker pada anak mencapai sembilan dari 100.000 anak usia 0 sampai 17 yang tersebar di seluruh Indonesia dengan jenis dan kasus yang beragam.

Kasus yang paling sering di antaranya leukemia, retinoblastoma, osteosarcoma, neuroblastoma, limfoma maligna, karsinoma, dan nasofaring.

Menurut dia, anak dengan kanker memang memiliki tantangan tersendiri, terutama pada fluktasi kebutuhan nutrisi.

 

2 dari 4 halaman

Hak Pasien Anak dengan Kanker

 Meski didiagnosis dengan kanker anak-anak itu tetap punya hak mempunyai tumbuh kembang dan optimal.

"Justru, mereka butuh asupan nutrisi yang lebih dan harus diperhatikan saat menjalani penanganan medis," kata dia seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Senin, 15 Juli 2019.

Nutrisi yang baik, lanjut Mururul, harus didapat pasien kanker anak guna mengimbangi beban penyakit dan mempertahankan kapasitas fungsional tubuh selama masa perawatan.

Sebab, pasien anak dengan kanker rentan mengalami sejumlah kondisi malanutrisi akibat peningkatan konsumsi energi maupun gangguan absorbsi nutrisi yang dapat disebabkan oleh penanganan atau pengobatan, atau penyakit itu sendiri.

 

3 dari 4 halaman

Pengaruh Penanganan Kanker pada Anak

 

Menurut Marurul, beberapa jenis penanganan yang dapat memengaruhi kondisi status nutrisi umumnya karena efek samping dari kemoterapi, seperti muntah, anorexia, dan malabsorbsi.

"Hingga peningkatan napsu makan akibat konsumsi obat anti-peradangan seperti kortikoseteroid," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Bicara Gizi untuk Anak dengan Kanker

 

Oleh sebab itu, kegiatan Bicara Gizi yang diusung oleh Danone Indonesia mengangkat isu penting mengenai kebutuhan nutrisi bagi pasien anak dengan penyakit tidak menular, kanker salah satunya.

"Kami bekerjasama dengan Yayasan Pita Kuning dalam pelaksanaan edukasi nutrisi serta kegiatan hiburan lain guna mencegah malanutrisi kepada pasien anak dengan kanker," kata External Communication Manager for Early Life Nutrition and Medical Nutrition Danone Indonesia, Desytha Rahma Dwi Utami,

Berdasarkan data yang dikumpulkan Danone Indonesia, terdapat tiga sampai lima persen prevalensi kanker pada anak (sebanyak 4.156 kasus) di Indonesia.

Saat ini, terdapat hingga 60 persen pasien anak dengan kanker yang terdiagnosisi malanutrisi, bergantung apda tipe kanker, jenis terapi, dan metode pengukuran.

Danone Indonesia menekankan bahwa perlu penelitian lebih mendalam guna mengetahui pasti mengenai kondisi malanutrisi pada anak dengan kanker.

Meski demikian, sebuah studi di RSUP Dr Kandou Manado menunjukkan bahwa 32,3 persen anak berstatus gizi kurang dan 12,9 mengalami obesitas yang dinilai saat akhir induksi kemoterapi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Jalani Operasi Kanker, Vidi Aldiano Banjir Ucapan Semangat
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Vidi Aldiano Kena Kanker di Ginjal