Sukses

Cara Hentikan Cegukan pada Bayi

Pada satu tahun pertama kehidupan bayi, cegukan adalah hal yang biasa dan bukan sesuatu yang mengkhawatirkan.

Liputan6.com, Jakarta Segala tingkah polah bayi memang lucu dan menggemaskan. Salah satu kebiasaan bayi yang juga tak kalah menggemaskan adalah cegukan. Pada satu tahun pertama kehidupan bayi, cegukan adalah hal yang biasa dan bukan sesuatu yang mengkhawatirkan.

Cegukan pada bayi terjadi karena adanya kontraksi pada diafragma serta pita suara yang menutup dengan cepat. Meski cegukan pada bayi terhitung aman, ada cara untuk menghentikan cegukan pada bayi agar terhindar dari rasa tak nyaman.

Melansir laman TimesofIndia, berikut beberapa cara meredakan cegukan pada bayi:

1. Istirahat dan biarkan bersendawa

Bila bayi Anda mulai bersendawa di tengah-tengah sesi menyusu atau makan, hentikan kegiatan itu dan biarkan dia bersendawa.

Sendawa bisa menghilangkan kelebihan gas dalam perut yang bisa jadi penyebab di balik cegukan. Menurut American Academy of Paediatrics, bila bayi Anda menyusu dari botol, Anda harus membantunya bersendawa setelah dia minum 2-3 ons susu. Bila bayi masih menyusu dari ibu, Anda harus membantunya bersendawa ketika akan berganti menyusu pada payudara yang sebelah lain.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gosok punggung bayi

2. Menggosok punggung bayi

Gosok punggung bayi secara lembut saat mereka cegukan. Jangan memukul atau menampar punggungnya dengan kekuatan lebih.

3. Gunakan empeng (pacifier)

Cegukan pada bayi tak selalu disebabkan oleh menyusu atau makan. Jadi ketika bayi cegukan, Anda bisa mencoba memberinya empeng. Ini membantu diafragma bayi jadi lebih santai sehingga cegukan bisa berhenti.

3 dari 3 halaman

Periksa botol susu

4. Biarkan

Biasanya cegukan akan berhenti dengan sendirinya. Bila bayi Anda tak terlalu terganggu dengan cegukannya, maka biarkan saja. Meski jarang terjadi, bila cegukan berlangsung tanpa henti, segera konsultasikan pada dokter. Cegukan yang terus-menerus bisa jadi tanda kesehatan serius.

5. Periksa botol susu bayi

Botol susu juga bisa menjadi penyebab bayi cegukan. Beberapa botol didesain sehingga menyimpan udara lebih banyak dibandingkan botol lain. Bila bayi Anda cegukan hanya pada saat menyusu, sebaiknya gunakan botol dengan merek lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini