Sukses

Manfaat Luar Biasa Puasa bagi Kesehatan Otak dan Mental

Secara medis, puasa tidak hanya melindungi tubuh dari penuaan dan makan berlebihan, tapi juga menurunkan risiko masalah kesehatan mental dan otak.

Liputan6.com, Jakarta Puasa memiliki banyak manfaat yang bisa ditelaah secara medis. Tidak hanya efek positif pada fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Ahli gizi Claire Mahy mengatakan, puasa memungkinkan usus untuk membersihkan dan memperkuat lapisannya. Ini juga merangsang proses yang disebut autofagi, yakni ketika sel membersihkan diri dan menghilangkan partikel yang rusak dan berbahaya.

Para ilmuwan juga mempelajari hubungan antara diet, kesehatan usus, dan kesehatan mental. Michael Mosley, penulis buku The Fast Diet mengatakan puasa ini bisa menyebabkan pelepasan BDNF (brain-derived neurotrophic factor atau faktor neurotopik yang diturunkan dari otak) yang berada di otak.

"Ini telah terbukti melindungi sel-sel otak dan dapat mengurangi depresi, kecemasan, serta risiko mengembangkan demensia," kata Mosley seperti dikutip dari Aljazeera pada Rabu (8/5/2019).

 

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Puasa Bisa Hilang Kalau...

Selain bagi kesehatan mental, puasa yang dilakukan dengan benar bisa membantu membakar lemak dan menambah massa otot.

Ahli gizi Nazmin Islam mengatakan, penurunan berat badan yang berkelanjutan bisa dilakukan dengan berpuasa selama bulan Ramadan. Namun, efeknya bisa hilang ketika seseorang kembali ke kebiasaan makan lamanya.

"Namun, manfaatnya lebih besar daripada yang kontra. Dalam jangka panjang, puasa, jika dilakukan dengan benar, bisa meningkatkan sistem pencernaan seseorang dan metabolisme secara keseluruhan," kata Nazmin menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Mencegah Risiko Kanker

Ketika ditemui Health Liputan6.com, Ketut Suastika, ahli endokrinologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mengatakan puasa juga bisa dilakukan di luar bulan Ramadan. Beberapa tradisi seperti puasa Senin dan Kamis juga memiliki manfaatnya.

"Karena kalau kita terus makan banyak, secara teori, seseorang akan cepat menua dan cepat meninggal," kata Ketut beberapa waktu lalu di Jakarta.

Ketika seseorang makan terus menerus, tubuh akan mengeluarkan insulin dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya mempengaruhi gula darah, tetapi dia juga memicu penuaan sel dan berpotensi menyebabkan kanker.

"Jadi puasa itu bagus karena sel-sel tidak cepat tua dan mencegah risiko kanker. Tidak bagus ketika orang memiliki kondisi diabetes tertentu misalnya, tapi pada orang normal, itu bagus," Ketut menegaskan.

"Kalau hari biasa seminggu sekali puasa sehari penuh tidak apa-apa. Asal kuat saja menahan lapar. Karena dari lemak akan diubah jadi karbohidrat lagi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.