Sukses

Manfaat di Balik Lezatnya Buah Durian

Liputan6.com, Jakarta Durian merupakan buah yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Durian memang berasal dari Asia Tenggara. Buah dengan kulit berduri yang khas ini memiliki rasa manis dengan bau yang tajam.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa durian dapat meningkatkan kesehatan. Durian memiliki berbagai nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh Anda. Melansir dari Boldsky, berikut manfaat durian untuk kesehatan:

1. Menjaga tekanan darah

Durian dapat menjaga tekanan darah karena kandungan ethanethiol, turunan disulfida dan gula yang dapat menjaga kesehatan jantung. Studi juga menunjukkan bahwa individu sehat yag mengkonsumsi durian memiliki tekanan darah yang stabil.

2. Menstabilkan gula darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa durian memiliki kandungan antidiabetik yang dapat meningkatkan pengaturan gula darah dalam tubuh.

3. Meningkatkan energi

Durian memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga tubuh akan mempunyai energi untuk waktu yang cukup lama.

Konsumsi durian akan menggantikan energi yang hilang serta mengurangi kelelahan maupun pusing.

 

 

2 dari 4 halaman

Melancarkan pencernaan

4. Melancarkan pencernaan

Durian memiliki peran penting dalam kesehatan pencernaan. Kandungan nutrisi dalam durian dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan pencernaan.

5. Meredakan rasa sakit

Ekstrak dari kulit durian dapat dijadikan obat penghilang rasa sakit dan antibiotik. Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Southern Media University mengatakan bahwa ekstrak dari kulit durian dapat menurunkan rasa sakit karena batuk.

6. Mendukung pertumbuhan sel darah merah

Durian memiliki kandungan asam folat dan zat besi. Keduanya membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Mengurangi depresi

7. Mengurangi depresi

Menurut World Journal of Pharmaceutical Research, durian mengandung trytophan yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan hormon melatonin dan seratonin. Melatonim berperan dalam siklus tidur individu dan serotoni berperan untuk mengendalikan mood.

8. Menyehatkan tulang

Durian mengandung kalsium dan fosfor yang membantu pembangunan tulang dalam tubuh.

9. Mengatasi masalah kesuburan terkait Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)

PCOS adalah kondisi hormonal yang mempengaruhi sistem reproduksi yang dapat menyebabkan ketidaksuburan. Sebuah studi telah menunjukkan potensi konsumsi durian untuk mengatasi hal tersebut. Namun, studi lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahuinya secara pasti. 

 

Penulis: Khairuni Cesario

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Uji Coba Kartu Prakerja di Jakarta dan Bandung
Artikel Selanjutnya
Masuk Daftar 100 Kota Berbahaya di Dunia, Jakarta Masih Lebih Aman dari Kuala Lumpur