Sukses

Cek, 7 Kegiatan yang Ampuh Redakan Stres

Liputan6.com, Jakarta Sekolah, kuliah, bekerja, berwiraswasta, mengurus rumah tangga dan apa pun pekerjaannya terkadang bisa menimbulkan stres. Untuk bisa meredakan stres perlu penyegaran dengan melakukan hal-hal yang disukai. 

Seperti dikutip dari Verywell Mind, Senin (15/4/2019) beberapa kegiatan ini bisa jadi alternatif hobi untuk melepas stres yang Anda alami. Pakar yang menangani stres Elizabeth Scott juga mengungkapkan alasan di balik kegiatan ini tepat untuk meredakan stres. 

1. Berkebun

Berkebun bisa menjadi penghilang stres yang bagus.Melalui kegiatan tanam menanam ini, Anda bisa menikmati pancaran sinar matahari, memperoleh udara segar, serta menciptakan lingkungan rumah yang lebih indah.

2. Fotografi

Jika Anda suka untuk memotret seseorang atau pemandangan, mengapa tidak menekuni fotografi? Tidak hanya berguna sebagai hobi dan melepas stres, fotografi juga membuat Anda lebih menghargai keindahan alam sekitar.

2 dari 3 halaman

3. Memelihara ikan

Melihat aksi ikan di akuarium terbukti bermanfaat bagi kesehatan, termasuk menguragi tekanan darah dan menghilangkan stres.

4. Puzzle

Lewat puzzle, pikiran Anda akan lebih fokus pada permainan. Selain menghilangkan stres, bermain puzzle hingga selesai bisa membuat pikiran menjadi lebih segar dan kuat.

5. Menggambar

Selain stres, gambar juga bisa menggambarkan perasaan seseorang. Gambar bisa menjadi karya yang hebat, jika digambar sepenuh hati lho.

3 dari 3 halaman

6. Menjahit

Selain membantu menghilangkan stres, merajut juga membuat Anda menciptakan suatu hadiah yang indah untuk diri sendiri atau orang lain.

7. Bermain musik

Dibanding hanya mendengarkan musik, menciptakan musik dapat menjadi hobi untuk menghilangkan stres yang kuat. Anda juga bisa mengekspresikan emosi dan kreativitas lewat musik yang diciptakan.

Penulis: Dara Elisabeth

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Mudah Melepas Stres agar Hidup Lebih Bahagia
Artikel Selanjutnya
5 Jenis Emosi Negatif yang Mempengaruhi Hidup, Harus Segera Kamu Hindari