Sukses

Ketahui Risiko Bila Anak Memakai Kosmetik Orang Dewasa

Liputan6.com, Jakarta Anak perempuan terkadang mengikuti yang orangtua lakukan, termasuk berdandan menggunakan kosmetik seperti sang ibu. Namun, perlu diketahui anak di bawah 12 tahun, kulitnya masih masih sensitif.

"Daya tahan kulit anak dan kulitnya belum sebagus orang dewasa, jadi memang reaksi iritasinya lebih cepat. Tapi, kalau dicoba dan langsung dibersihkan, apalagi kalau makeup khusus anak, harusnya aman. Kecuali mengandung zat alergi," tutur Anesia Tania, dokter spesialis kulit dan kelamin saat ditemui di acara peluncuran Senka di Jakarta beberapa saat lalu.

Jika ingin memakaikan make up pada anak, sebaiknya tunggu hingga mereka berusia 12 tahun. Pilih juga yang formulanya ringan atau memang dibuat khusus untuk anak.

"Tunggu sampai mereka remaja dulu sepertinya. Di atas usia 12 tahun, kelenjar minyaknya sudah menyerupai orang dewasa dan barrier kulitnya mulai aktif. Sudah boleh pakai make up tipis," katanya.

 

Meski demikian, Anesia tidak menyarankan untuk memakaikan makeup pada anak. " Kulit anak masih bagus, belum ada celah. Warna dan kolagennya masih bagus, jadi sebaiknya tidak usah dipakaikan" .

Risiko lainnya jika anak menggunakan kosmetik adalah kulitnya bisa menjadi kering, kemerahan bahkan mengelupas hingga perih. Sebaiknya dihindari mengaplikasikan make up pada wajah anak.

Jika memang harus mengenakan riasan, misalnya untuk acara pertunjukan, menghadiri acara resmi, sebaiknya pilih yang formulanya ringan dan aman bagi kulit anak. Segera setelah acara selesai, segera bersihkan wajahnya sampai residu make up benar-benar hilang.

Penulis: Cynthia Amanda Male/Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
Formula Rangkaian Kosmetik Ini Bikin Awet Hingga 10 Jam
Artikel Selanjutnya
6 Selebritas Dunia yang Sukses Bangun Brand Kecantikan