Sukses

Psikolog Ungkap 3 Penyebab Anak Malas Belajar

Ada beberapa faktor penyebab yang membuat anak malas belajar. Salah satunya gaya belajar tidak sesuai dengan anak.

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya anak malas belajar. Sudah diminta secara halus untuk belajar tapi anak tetap tidak mau membuka bukunya.

Menurut psikolog anak Vera Itabiliana ada beberapa faktor penyebab yang membuat anak malas belajar. Berikut selengkapnya. 

1. Gaya Belajar

"Kenali dulu cara belajar anak. Susah mengharapkan anak dengan tipe belajar kinestetik untuk duduk diam. Kalau gaya belajarnya enggak pas, enggak akan menyenangkan," katanya.

Jadi, bisa jadi anak belajar dengan caranya sendiri. Bukan dengan duduk diam dan membaca buku. Setiap anak memiliki gaya belajar berbeda dan hal itu yang perlu dianalisis agar belajar menjadi efektif.

 

2. Waktu Belajar

Pemilihan waktu belajar pun penting. Orangtua perlu menyesuaikan waktu dengan sang anak. " Misalnya, orangtua mengharuskan anak untuk belajar jam 4 sore, waktu kartun favoritnya tayang. Anaknya akan sulit belajar. Jadi harus disesuaikan," ungkap Vera saat ditemui beberapa waktu lalu di Kidzania.

 

3. Metode Belajar

Metode belajar harus menyenangkan bagi anak. Cari cara yang seru agar pelajaran jadi menarik bagi anak. Misalnya dengan nyanyian, kertas warna atau hal lain agar tak membosankan.

Jika anak berhasil menikmati proses belajar, tubuhnya akan memproduksi hormon dopamin dan serotonin yang bisa membuat mereka lebih tertarik untuk melakukannya terus menerus.

Pembawaan partner belajar juga berpengaruh. Jadi, orangtua juga perlu membuat anak nyaman dan senang ketika belajar. " Pembawaan orang yang mengajarkan juga harus menyenangkan, relax saja," tuturnya.

 

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini