Sukses

Hindari Lakukan Ini bila Anak Tak Mau Makan

Memberi makan si Kecil memang gampang-gampang susah, ada kalanya si Kecil sangat mudah diberi makan, ada kalanya pula si Kecil sangat sulit diberi makan.

Liputan6.com, Jakarta Memastikan anak mau makan jadi tantangan tersendiri bagi beberapa orangtua. Ada saatnya anak lahap memakan makanan yang disediakan. Tapi, ada kalanya pula anak benar-benar menolak makan. Meski begitu, ada beberapa hal yang sebaiknya ortu hindari lakukan saat menghadapi anak yang enggan makan, seperti pengalaman Mommy Irna Dini A dari Babyologist. 

Memberi makan si Kecil memang gampang-gampang susah, ada kalanya si Kecil sangat mudah diberi makan, ada kalanya pula si Kecil sangat sulit diberi makan. Namun tenang Moms, ini hanya masalah waktu. Moms mula-mula bisa mencari tahu terlebih dadulu penyebab mengapa si Kecil tidak mau makan, mungkin saja ia sedang mengalami sariawan mulut, tumbuh gigi atau bahkan kurang suka dengan menu makanan yang Moms sediakan untuknya.

Meski demikian, kita harus berusaha agar si Kecil mendapatkan makanan yang cukup. Untuk itu, Moms harus mengakalinya, contohnya bisa dengan sambil mengajaknya bermain keluar rumah, dan membuat kreativitas sajian serta rasa yang enak di setiap menu yang dihidangkan untuk si Kecil.

Akan tetapi harus selalu diingat ya Moms, jangan pernah memaksa anak untuk makan, karena hal ini akan membuat si Kecil tidak akan mengenal rasa lapar yang pada akhirnya makanan hanya diemut oleh si Kecil bahkan akan dilepehkan.

Jangan pula memarahinya ya Moms. Jika waktu makan sering ajang pertengkaran terhadap si Kecil yang tidak mau makan, cobalah untuk bersabar dan tenang. Ciptakan suasana nyaman untuk si Kecil, karena sering memarahinya ternyata dapat berdampak buruk pada psikologis anak.

Beberapa orang tua juga sering menggunakan cara menggendong si Kecil lalu mendekap dengan memaksa membuka mulutnya agar makanan dapat masuk dan dikunyah oleh si Kecil, ternyata cara ini benar-benar fatal, karena si Kecil malah bisa tersedak dan menangis terus-terusan.

Untuk itu, mari hindari melakukan hal-hal itu ya Moms. Tetap sabar menghadapi si Kecil dan teruslah menjadi ibu yang terbaik baginya.

 

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini