Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Gambaran Tubuh Negatif, Wanita Jadi Sulit Terangsang

Liputan6.com, Jakarta Gambaran tubuh (body image) memengaruhi perasaan hasrat seksual wanita. Hal ini membuat wanita sulit untuk terangsang saat bercinta.

Terapis seks Laurie J Watson mengungkapkan, gambaran tubuh akan menyebabkan kesulitan berhubungan seks dengan pasangan. Apalagi gambaran tubuh yang negatif mengganggu kenikmatan seksual.

Ada dua jenis masalah gambaran tubuh yang memengaruhi seorang wanita secara seksual. Pertama, apa yang dia pikirkan tentang dirinya sendiri.

Jika seorang wanita merasa tubuhnya tidak menarik, maka menyebabkan harga diri seksual lebih rendah.

"Ini sering mengarah pada menghindari aktivitas seksual. Semakin dia memandang tubuhnya secara kritis, semakin banyak juga kecemasan yang akan dia rasakan saat dilihat dan disentuh," papar Laurie, dikutip dari WebMD, Senin, 11 Februari 2019.

Ketika kondisi itu terus-menerus terjadi, wanita semakin tidak mampu terangsang. Kecemasan berlebih tentang tubuhnya, misal, ukuran bagian tubuh atau berat badannya bisa jadi faktor terkuat tidak meraih orgasme.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Bayangan pikiran pasangan

Kedua, apa yang dia yakini pasangannya pikirkan tentang tubuhnya. Jika seorang wanita, lanjut Laurie, berpikir, pasangannya menganggap dirinya menarik, fungsi seksual akan lebih tinggi.

Namun, jika wanita percaya, pasangan memandang tubuhnya secara negatif (tidak ideal), maka hasrat seksualnya akan terganggu. Kemampuan untuk terangsang ikut terganggu.

"Misalnya, pada wanita menopause, sering merasa tubuhnya tidak lagi menarik. Hal ini mengakibatkan libido jadi lebih rendah," ujar Laurie.

3 dari 3 halaman

Atasi masalah gambaran tubuh

Untuk mengatasi masalah gambaran tubuh. Laurie menyarankan, ada beberapa hal yang dapat Anda coba:

  • Percayalah pada pasangan Anda. Banyak pria menyampaikan, mereka tidak berpikiran tentang gambaran tubuh pasangan, yang berujung menolaknya.
  • Kurangi bicara negatif sebelum dan selama hubungan seks. Dalam hal ini, Anda berhak atas kenikmatan seksual. Seks akan membawa lebih banyak keintiman dan ikatan dengan pasangan.
  • Lakukan beberapa gerakan kegels. Gunakan gerakan menekan kegel (meremas panggul) untuk mengalihkan pikiran dari pikiran yang negatif, yang dapat masuk ke dalam tubuh.
  • Latihan bernapas. Berlatihlah merasakan napas saat Anda berhubungan seks. Tarik napas dalam-dalam. Fokuslah pada sensasi itu selama satu atau dua detik, alih-alih singkirkan pikiran negatif.
Loading
Artikel Selanjutnya
Minyak Esensial Bunga Mawar Tingkatkan Gairah Seks
Artikel Selanjutnya
Awas, Stres Pekerjaan Bikin Susah Capai Klimaks Saat Bercinta