Sukses

7 Alasan Tak Perlu Pakai Sepatu di Dalam Rumah

Liputan6.com, Jakarta Melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah merupakan kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Siapa sangka, jika ditilik dari sisi kesehatan ada manfaat melakukan kebiasaan tersebut.

Dari menghindari racun, debu, hingga soal kesopanan, berikut ini tujuh alasan kita harus melepas sepatu sebelum masuk ke dalam rumah, dilansir dari Reader's Digest pada Sabtu (9/2/2019).

1. Racun

Sebuah penelitian yang terbit di Environmental Science & Technology mengemukakan bahwa mudah untuk menemukan residu yang didapat dari sepatu, di sudut atau celah karpet. Racun seperti Herbisida 2,4-D misalnya, bisa menyebabkan ruam kulit ringan hingga gangguan pencernaan. Karena itu, hati-hatilah jika Anda berbaring di karpet atau lantai.

2. Bakteri

Studi dari University of Houston, Amerika Serikat menemukan, 40 persen sepatu terkontaminasi bakter penyebab diare Clostridium difficile. Lau, 70 persen sepatu boots yang sudah disterilkan tetap mengandung E coli setelah digunakan di luar ruangan. Sehingga, mengenakan sepatu dalam rumah hanya membuat Anda rentan terkena penyakit akibat bakteri.

3. Kotoran

Selain partikel yang tidak terlihat oleh mata telanjang, ada juga kotoran dan debu yang mudah menyebar di dalam ruangan. Tentu saja, ini jelas harus dihindari agar tidak mengganggu kebersihan rumah.

2 dari 4 halaman

4. Tanda menghormati pemilik rumah

 

"Tindakan melepas sepatu tidak hanya untuk alasan sanitasi, itu juga merupakan tanda penghormatan," ujar perancang interior Jenny Nakao Hones.

"Anda menghormati tuan rumah, lingkungan, atau struktur, serta orang lain yang menggunakan tempat itu," tambahnya.

Menurut Hones, melepaskan sepatu menyamakan kedudukan agar semua orang terlihat 'sama' karena kaki yang tidak mengenakan apapun.

5. Merusak lantai

Sepatu yang abrasif bisa membuat lantai tergores dan kotor. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membatasi penggunaan penyedot debu dan sabun untuk karpet. Karena itu, lebih baik lepaskan alas kaki di luar ruangan.

"Lebih mudah untuk mempertahankan lantai Anda dan lantai akan bertahan lebih lama," kata Hones.

 

3 dari 4 halaman

6. Berisik

 

Mereka yang tinggal di apartemen atau rumah susun, terkadang beberapa derap langkah bisa sangat mengganggu. Apalagi ketika kita mengenakan sepatu yang keras. Karena itu, agar tidak membuat orang lain terganggu, lepaskan sepatu di luar ruangan.

7. Kaki yang sehat

"Tanpa sepatu, kaki Anda bisa bernapas dan bebas bergerak," kata Hones. Selain itu, kekuatan dan fleksibilitas otot juga meningkat. Titik-titik rangsangan pada telapak kaki juga meningkat.

"Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, titik-titik tekanan itu terhubunng ke organ kita, yang berarti Anda membantu fungsi organ Anda," kata Hones menambahkan,

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Dua Petani Tewas Tertabrak di Tepi Sawah

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Rilis Sepatu Mi Men's Sport Shoes 2
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati, 4 Jenis Sepatu Ini Bisa Berdampak Buruk bagi Kaki