Sukses

Bukan Cuma Permen, 10 Makanan Ini Juga Merusak Gigi (1)

Selama ini permen selalu jadi kambing hitam kala gigi rusak. Padahal, tak cuma permen yang bisa merusak gigi.

Liputan6.com, Jakarta 'Kalau makan permen kebanyakan nanti gigi kamu rusak lho', begitu disampaikan orangtua ke anak-anaknya. Padahal, bukan cuma permen saja yang bisa merusak gigi. Ada makanan dan minuman yang juga tak baik untuk gigi Anda. 

Berikut ini ada beberapa makanan yang mungkin perlu dihindari agar tak merusak gigi, seperti dilansir Reader Digest, Selasa (8/1/2019).

1. Buah kering

"Buah kering benar-benar seperti makan permen," kata Stephen J. Stefanac, DDS, profesor kedokteran gigi dan periodontik di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Michigan, Amerika Serikat. 

Menurutnya, buah kering mengandung gula yang tinggi dan merupakan formula sempurna untuk gigi berlubang. Dia pun menyarankan untuk menghindari konsumsi buah kering dan pilih buah segar sebagai gantinya.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Soda

Satu kaleng soda 12 ons mengandung 39 gram gula atau setara dengan gula hampir 10 sendok teh. Namun, itu bukan satu-satunya masalah.

Seorang dokter gigi di Brooklyn, New York, Tricia Quartey, DDS, mengatakan, asam pada soda dapat menghancurkan enamel. Yang terburuk adalah jika Anda minum soda sepanjang hari, karena itu meningkatkan paparan gula dan asam pada gigi Anda.

3. Jus

Seperti soda, jus botolan bisa bersifat asam dan sering mengandung gula tambahan, kadang-kadang bisa mencapai 10 sendok teh per sajian. Kehadiran gula yang terlalu tinggi lalu menempel di gigi 'memberi' makan bakteri di mulut yang bakal menyebabkan kerusakan gigi.

Oleh karena itu, Direktur Kedokteran Gigi Anak di Rumah Sakit Yale New Haven Tyrone Rodriguez, DDS menyarankan untuk membuat jus sendiri di rumah.

 

 

3 dari 3 halaman

4. Saus

Tomat itu sehat tapi mereka juga bersifat asam: "Makan saus tomat dengan spageti akan menggandakan kerusakan enamel," kata Dr. Quartey.

Saus asam dapat memecah enamel pada gigi, dan karbohidrat dalam pasta membantu memberi makan bakteri penyebab rongga. Quartey merekomendasikan pasta dengan keju sebagai gantinya.

5. Cuka sari apel

Cuka ini telah dipuji karena memiliki sifat detoksifikasi, tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa keasamannya yang tinggi dapat mengikis enamel gigi dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.