Sukses

Ingin Anak Berakhlak Mulia seperti Rasullah SAW, 5 Hal Ini Harus Orangtua Lakukan

Siapa yang tidak ingin memiliki anak memiliki akhlak seperti Rasullah SAW? Inilah yang bisa orangtua lakukan

 

Liputan6.com, Jakarta Para orangtua menginginkan anak-anaknya memiliki akhlak seperti Rasullah SAW. Karena mereka menyadari, akhlak yang baik merupakan pondasi penting untuk mereka bangun. 

Akan tetapi, hal tersebut tak bisa dibangun dalam semalam. Bagaimana juga, si Kecil butuh bimbingan, contoh, dan teladan yang selayaknya datang dari ibu dan bapaknya.

Bagi seorang muslim, pembentukan akhlak di diri anak jadi hal yang selalu ditekankan. Dikutip dari Bincang Syariah, Syeikh Musthafa al-Adawy dalam kitab Fiqh Tarbiyat al-Abna, mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor atau hal yang dapat memengaruhi perkembangan akhlak buah hati tercinta.

Penting bagi para orangtua untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut dengan memberikan nasehat-nasehat yang dapat mengarahkan anak menjadi lebih baik. Berikut delapan hal yang dapat memengaruhi akhlak seorang anak, yaitu:

1. Saudara-saudara kandung dan kerabat-kerabatnya di rumah

2. Teman-teman di lingkungan sosial tempatnya tinggal. Seperti di sekolah, perpustakaan dan tempat belajar mengaji

3. Para pengajar, guru, pendidik, penjaga, pelatih yang mengajari anak-anak

4. Segala hal yang dia lihat, dengar dan baca yang berada di lingkungan tempat tinggalnya

5. Keadaan negara di mana sang anak tinggal. Seperti akhlak, kebiasaan, sopan-santun, pemandangan dan situasi masyarakatnya

Penulis : Mutia / Dream.co.id

 

Berikut Video Menarik Mengenai Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.