Sukses

Saat Tidur, Indra Tubuh Ini Ternyata Masih Terbangun

Liputan6.com, Jakarta Ketika tidur, mungkin Anda mengira semua indra tubuh ikut beristirahat. Namun ternyata, sebuah penelitian mengungkapkan sebuah hal yang berbeda.

Melansir Reader's Digest pada Selasa (20/11/2018), sebuah penelitian di Vanderbilt University di Nashville, Tennessee, menyatakan bahwa telinga tidak beristirahat. Sekalipun tubuh kita sedang dalam keadaan tidur.

Para peneliti mempelajari anak-anak usia prasekolah saat mereka sedang tidur. Menurut rekan penulis Adrienne Roman, lingkunan di mana anak-anak tidur telah menjadi bahan pembicaraan dalam beberapa tahun terakhir.

Studi tersebut meminta anak-anak untuk tidur siang dan terhubungan dengan mesin EEG portabel yang memainkan tiga kata yang tidak berkaitan.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenali kata-kata

Saat mereka bangun, mereka kembali tersambung dengan mesin tersebut dan mendengar kembali beberapa kata-kata yang sudah dirangkai. Termasuk, beberapa kata yang tidak berkaitan sebelumnya saat mereka tidur siang.

Otak anak-anak menunjukkan tanda-tanda positif ketika mendengar beberapa kata kunci. Hal tersebut memperlihatkan bahwa mereka bisa mengenali suara dalam tes tersebut.

Roman mengatakan, tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana otak anak berkembang. Selain itu, apakah mereka bisa mendapatkan infomrasi saat tidur.

Karena itu, penelitian ini juga bisa dianggap sebagai pembelajaran bahwa saat orangtua berbicara ketika anaknya sedang tidur, mungkin mereka masih bisa mendengar apa yang Anda katakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.