Sukses

Manfaat di Balik Aturan Pakai Seragam Sekolah

Siapa sangka, di balik aturan pakai seragam sekolah rupanya bisa membantu perkembangan anak. Kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta Saat dulu masih di bangku sekolah, mungkin Anda pernah dimarahi guru bila salah memakai seragam. Beberapa anak yang kritis pun kerap menanyakan kenapa harus pakai seragam sekolah.

Bila ditelisik lebih lanjut ada beberapa manfaat dari kebijakan murid harus memakai seragam sekolah. Menurut pakar pendidikan Michelle Kouzmine, aturan memakai seragam sekolah membawa dampak positif bagi perkembangan anak.

"Hal pertama adalah mengajarkan anak untuk berpenampilan rapi dan bersih. Seragam mengajarkan anak untuk berpenampilan layak saat berada di luar rumah," ujar Michelle Kouzmine, seorang pakar pendidikan, dikutip dari Verywell.

Seragam juga mempermudah anak dan orangtua dalam rutinitas pagi hari. Tak perlu dipusingkan lagi memilih pakaian yang layak dan nyaman untuk dipakai ke sekolah. Semua pakaian sudah ditentukan sesuai dengan aktivitas anak.

"Efisiensi waktu jadi efek positif dari adanya seragam. Anak pun jadi mengingat aturan dan mengikutinya," kata Michelle.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindarkan dari kesenjangan sosial

Hal yang tak kalah penting adalah menekan kesenjangan sosial di sekolah. Tak heran, aturan soal seragam ini bukan hanya pada pakaian saja, tapi hingga sepatu dan tas yang disamakan.

"Anak-anak sangat sensitif terhadap hal yang berbeda dengan dirinya. Rasa iri dan kesenjangan cenderung muncul jika tak ada aturan seragam. Tak heran kalau aturan soal seragam ini terus dipertahankan di banyak sekolah meskipun banyak juga yang mulai tak menerapkannya," ungkap Michelle.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.